alexametrics

Tous Les Jours Cabut Papan Aturan Bernuansa SARA

22 November 2019, 16:12:32 WIB

JawaPos.com – Pihak manajemen toko roti dan kue Tous Les Jours membenarkan ada aturan bernuansa SARA sempat dipasang orang tak dikenal di sejumlah gerai mereka di Jakarta. Papan aturan tersebut kini sudah dicabut.

“Memang aturan itu sempat dipasang dengan pajangan standing di gerai Pacific Place. Papan itu sudah ada sejak Kamis (21/10), saat toko baru buka. Namun hari ini sudah tidak ada lagi,” tegas pihak HRD dan Pengelola gerai Tous Les Jours Pacific Place kepada JawaPos.com, Jumat (22/10).

Bukan cuma di Pacific Place, aturan itu juga sempat dipasang di mal lainnya di kawasan Tebet, Jakarta. “Kalau di mal lain sempat ada ditempel di dinding toko. Itu juga sudah dicopot karena itu memang bukan aturan resmi dari pihak manajemen,” tegasnya.

Meski begitu, pihak manajemen sudah memberikan arahan kepada para karyawan untuk tidak terpengaruh pada aktivitas penjualan atau transaksi. Pantauan JawaPos.com di lokasi, gerai Tous Les Jours Pacific Place masih ramai pembeli seperti biasa.

“Kami sudah beri arahan ke seluruh store agar tak terpengaruh kejadian ini. Traffic di Pacific Place tetap saja ramai sih,” klaim pihak pengelola.

Sebelumnya, jagat media sosial sempat dihebohkan oleh aturan yang tertempel di papan gerai toko Tous Les Jours Pacific Place Jakarta. Lewat foto dan video berdurasi 19 detik yang diviralkan, aturan tersebut berbunyi ‘Store tidak boleh menjual sesuatu yang bertentangan dengan syariat islam’.

Salah satu klausulnya adalah larangan ucapan selamat untuk hari besar agama seperti Natal, Imlek dan lainnya. Perayaan lain yang bertentangan dengan agama islam seperti Halloween atau Valentine pun tidak diperkenankan.

Setelah banjir hujatan, Tous Les Jours Indonesia pun akhirnya bereaksi. Melalui akun @TousLesJoursid, pihak manajemen membuat klarifikasi secara terbuka dengan mengklaim jika aturan tersebut bukan aturan yang berlaku umum di semua store.

“Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat dalam video, foto atau informasi yang sedang ramai beredar BUKAN peraturan resmi yang dikeluarkan oleh toko kami,” tulis pihak Tous Les Jours dalam keterangan resmi.

“Bahwa dalam kegiatan menjalankan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman, suku, agama, ras, budaya, dan atau antar golongan. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat beterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous Les Jours selama ini,” tegas pihak Manajemen Tous Les Jours Indonesia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads