Klarifikasi Tous Les Jours Soal Aturan Ucapan Kue Berbau SARA

22 November 2019, 13:44:45 WIB

JawaPos.com – Salah satu gerai toko roti dan kue Tous Les Jours memicu kontroversi. Salah satu gerai yang diduga di kawasan Jakarta Selatan, membuat dan memasang aturan penulisan ucapan kue yang berbau SARA.

Aturan tersebut berbunyi ‘Store tidak boleh menjual sesuatu yang bertentangan dengan syariat islam’. Salah satu klausul atau poinnya menuliskan larangan ucapan tulisan di atas kue berupa ucapan selamat hari besar agama seperti Natal, Imlek dan lainnya. Lalu perayaan lain yang bertentangan dengan agama islam seperti halloween atau valentine.

Sedangkan yang boleh dituliskan hanya ucapan selamat hari jadi seperti pernikahan, dan promosi jabatan. Kemudian ucapan seperti ‘I Love You’ dan ‘You Are The Best’ juga dilarang.

Aturan tersebut juga diunggah oleh salah satu pengunjung yang menyebar di media sosial lewat sebuah video. Video berdurasi 19 detik pun ramai menjadi perbincangan netizen. Banyak juga netizen yang kecewa dengan aturan tersebut.

“Saya ingat bisa juga kok 1-2 tahun lalu beli dengan ucapan Merry Christmast. Jadi ini mungkin aturan baru,” tulis salah satu warganet.

“Wah saya sudah kecewa, masih banyak toko kue lainnya,” tulis akun lainnya.

Lewat akun Instagram @TousLesJoursid, pihak manajemenTous Les Jours membuat klarifikasi secara terbuka. Pihak manajemen mengklaim aturan tersebut bukan aturan yang berlaku umum di semua store.

“Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat dalam video, foto atau informasi yang sedang ramai beredar BUKAN peraturan resmi yang dikeluarkan oleh toko kami,”

“Bahwa dalam kegiatan menjalankan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman, suku, agama, ras, budaya, dan atau antar golongan,” tuturnya.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat beterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous Les Jours selama ini,” tegas pihak Manajemen Tous Les Jours Indonesia.

Sebelum keluar pernyataan terbuka lewat akun Instagram @TousLesJoursid, JawaPos.com telah mencoba menghubungi manajemen lewat DM IG dan Facebook. Dalam basalannya, Tous Les Jours juga mengatakan kalau aturan pembatasan ucapan berbau SARA pun bukan bagian dari kebijakan manajemen.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads