JawaPos Radar | Iklan Jitu

Akrab Dengan Napiter, Setiap Akhir Pekan Eko Datangi Lapas Ini

22 November 2018, 10:54:24 WIB
Akrab Dengan Napiter, Setiap Akhir Pekan Eko Datangi Lapas Ini
Eko Ristanto setelah ditangkap kemarin. (POLRES LAMONGAN FOR JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Eko Ristanto sempat mendatangi beberapa lembaga permasyarakatan (Lapas) selama kurun waktu tiga bulan ke belakang. Setiap akhir pekan, dia rutin menghadap para narapidana terorisme yang masih mendekam di penjara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, awal mulanya Eko terpapar paham radikal melalui media sosial. Dari dunia maya itu, dia diperintah untuk menemui sejumlah napiter seperti di LP Porong, Sidoarjo, dan Probolinggo.

Manut, pecatan polisi itu lantas mendatanginya. "Kamu ditunggu Sabtu, Minggu pas jam besuk. Kamu temui di Porong, datang dia ke Porong untuk meyakinkan," ujar Dedi saat berkunjung ke kantor JawaPos di Gedung Graha Pena, Jakarta, Rabu (21/11) kemarin.

Para napiter yang didatanginya lantas memberi wejangan untuk selalu mengikuti apa yang disampaikan di medsos itu. "Yakin (dengan) Gusti Allah, surga hukumnya," kata Dedi menirukan bahasa yang sering disampaikan napiter itu. 

Sementara itu, dari sumber JawaPos.com di internal Kepolisian, tercatat Eko dan rekannya, MSA, 17, mengunjungi napiter Wiliam Maksum di LP Madiun pada 7 November 2018.

William merupakan napiter jaringan Abu Roban yang tewas dalam penyergapan di Limpung, Batang, Jawa Tengah, Rabu, 8 Mei 2013. Nah William disebut menjadi panglima di jaringan Abu Roban. 

Dia menyuplai dana dan membuka akses persenjataan untuk kegiatan teroris jaringan Santoso di Poso. Eko sendiri, direkrut oleh Wiliam bersama napiter lain, Agung Hamid, saat mendekam di LP Malang. 

Di LP Sidoarjo, Eko juga aktif mengunjungi napiter Budi Supriyantoro dan Agung Fauzi. Mantan anggota reserse Polres Sidoarjo itu juga diketahui pernah mengunjungi napiter di LP Probolinggo.

"Hasil sv tim di Malang, Eko pasca bebas dari penjara juga pernah terpantau menemui Kristianto alias Mas Aby hendak dijodohkan dengan UKF asal Solo," tukas sumber tersebut.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : (dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini