alexametrics
Pemberantasan Terorisme

Pengamat: Temukan Aktor Utama Penyebar Paham Radikal

22 Oktober 2018, 08:41:42 WIB

JawaPos.com – Dua terduga teroris yang tewas di Tanjung Balai membuat Polda Sumatera Utara (Sumut) bergerak. Keluarga dua terduga teroris itu didekati untuk mencegah kemungkinan penyebaran paham radikal. Pemetaan jaringan sekaligus bisa dilakukan.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto menuturkan, pascakasus tersebut, perlu mencegah ekses atau kejadian yang melampaui batas. Karena itu, harus dilakukan pendekatan terhadap keluarga dan lingkungan dua terduga teroris tersebut. “Apakah perlu deradikalisasi atau kontraradikalisasi,” ujarnya.

Namun, langkah tersebut tidak bisa dilakukan Polda Sumut sendiri. Perlu peran masyarakat dan Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT). “Agar stabilitas keamanan terjaga,” ujar mantan direktur Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim tersebut.

Pengamat: Temukan Aktor Utama Penyebar Paham Radikal
Ilustrasi: Pemberantasan terorisme harus dilakukan dengan menangkap aktor utama penyebar paham radikal. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas/Jawa Pos Group)

Soal pergerakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Tanjung Balai, dia mengatakan masih melakukan pemantauan dan pengembangan. “Timnya dari Satgas Antiteror dan Densus 88 Antitteror,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Sementara itu, pengamat terorisme Al Chaidar menuturkan, keluarga dan lingkungan terduga teroris memang penting untuk menguak pergerakan rekrutmen JAD. Perlu dilihat apakah ada aktifitas tertentu yang diikuti dua terduga teroris. “Yang paling penting itu menemukan aktor utama yang menyebarkan paham radikal,” jelasnya.

Menurut dia, bila orang yang memiliki kemampuan menyebarkan paham radikal itu tertangkap, pergerakan kelompok teror tersebut bisa cepat dihentikan. “Sebab, rekrutmen tidak bisa dilakukan lagi,” paparnya.

Sumut, lanjut dia, selama ini tergolong cukup rawan kasus terorisme. Telah terjadi tiga kali aksi terorisme dalam beberapa tahun belakangan. “Kalau dibandingkan provinsi lain, kasus terorisme di Sumut paling banyak,” jelasnya. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (idr/c7/oni)

Copy Editor :

Pengamat: Temukan Aktor Utama Penyebar Paham Radikal