JawaPos Radar

Kasus Zumi Zola

Ketika Dua Anggota DPRD Jambi Saling Tuding di Persidangan

22/10/2018, 16:43 WIB | Editor: Imam Solehudin
Zumi Zola
Terdakwa kasus suap APBD Pemerintah Provinsi Jambi, Zumi Zola. Hari ini, JPU menghadirkan sejumlah Anggota DPRD Jambi (Issak Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sejumlah anggota DPRD Pemerintah Provinsi Jambi dihadirkan dalam persidangan suap dan gratifikasi yang menyeret Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola Zulkifli. Para anggota DPRD Jambi ada yang mengaku menerima uang ketuk palu, sebagian lainnya membantah.

Anggota DPRD Jambi Fraksi Golkar, Juber mengaku menerima uang ketuk palu untuk pembahasan APBD di Pemprov Jambi. Namun setelah perkara ini bergulir dia mengaku langsung menyerahkan ke lembaga antirasuah.

"Saya mengaku menerima uang terus diminta (Supardi) mendistribusikan, tapi sudah saya kembalikan ke KPK," kata Juber saat bersaksi untuk terdakwa Zumi Zola di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (22/10).

Dalam persidangan, Juber mengaku uang ketuk palu tersebut diberikan beberapa tahap. Pada tahap pertama uang tersebut dititpkan lmelalui Anggota DPRD Jambi, Supardi.

"Tahap kedua dititipkan Pak Supardi," ungkapnya.

Namun pernyataan tersebut ditepis langsung oleh Supardi. Anggota DPRD Jambi Fraksi Golkar itu menyangkalnya.

"Saya tidak terima uang. Bahwa benar saya telepon beliau (Juber) tapi tidak terkait uang ketuk palu," tegas Supardi.

Dalam perkara ini, KPK mendakwa Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola dengan dua dakwaan. Pertama, Zumi didakwa menerima gratifikasi senilai total Rp 44 miliar dan satu unit Toyota Alphard, dari sejumlah proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2014-2017.

Kedua, KPK mendakwa mantan artis itu memberikan suap Rp 16,4 miliar kepada 53 anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019.

Zumi melakukan aksinya bersama Plt Sekda Pemda Provinsi Jambi Apif Firmansyah, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Arfan, dan Asisten 3 Sekda Provinsi Jambi Saipudin. Uang tersebut digunakan untuk pengesahan RAPBD Jambi 2018.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up