alexametrics

Ganjar Minta BNPB Lakukan Water Bombing di Gunung Slamet

22 September 2019, 10:41:42 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus berupaya melakukan pemadaman terhadap kebakaran hutan yang melanda Gunung Slamet. Meskipun sudah berkoordinasi dengan forkompimda, Ganjar berharap akan ada upaya lebih besar lagi yang dilakukan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Salah satunya melakukan water bombing atau pemadaman menggunakan helikopter. “Sampai sekarang tim terus bekerja untuk pemadaman. Saya setiap saat mendapat laporan dan terus memantau. TNI/Polri, jajaran forkompimda dan seluruh bupati yang ada di kaki Gunung Slamet terus bekerja,” kata Ganjar usai mengikuti acara jalan sehat Caring For Nation III di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, Minggu (22/9).

Kebakaran di Gunung Slamet, kata Ganjar, memang cukup luas. Pemprov Jateng telah melakukan pemetaan menggunakan drone. Terlihat kebakaran hutan yang cukup besar. “Kalau dalam waktu 1-2 hari ini tidak padam, kita siapkan water bombing. Kami sudah berkoordinasi dengan BNPB dan meminta dilakukan pemadaman dengan metode itu,” ucap Ganjar.

Hanya saja Ganjar masih belum dapat memastikan eksekusi dari water bombing tersebut. Dia masih menunggu pihak BNPB. Untuk diketahui, Kebakaran hutan di Gunung Slamet telah terjadi sejak Selasa (17/9) lalu. Area kebakaran yang awalnya di Kabupaten Brebes, kini telah merambat sampai ke Kabupaten Banyumas.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads