alexametrics

KPK Pasikan Tangkap TSK E-KTP Paulus Tanos yang Sembunyi di Singapura

22 Mei 2022, 12:23:55 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku optimistis bisa membawa tersangka dugaan tindak pidana korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Paulus Tanos. Sebab beberapa kali pemanggilan, Paulus Tanos yang diduga berada di Singapura tidak mengindahkan.

Terlebih kekinian, Indonesia sudah melakukan perjanjian ekstradisi dengan Singapura. Perjanjian ini merupakan perjanjian bilateral antara Indonesia-Singapura terkait penyerahan seseorang yang disangka atau dipidana karena melakukan suatu tindak pidana oleh suatu negara, kepada negara yang meminta penyerahan.

“Pimpinan di sini sangat komitmen dengan segala cara. Kita bersyukur pandemi mulai akan berakhir, artinya beberapa negara yang dimungkinkan misalnya seperti Paulus Tanos di Singapura, dan dari Singapura sangat bagus sudah membuka ekstradisi,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, Minggu (22/5).

Dia memastikan, pihaknya berkomitmen untuk meringkus setiap tersangka korupsi yang tidak kooperatif. Karena itu, pihaknya tak segan menjemput Direktur PT Sandipala Arthaputra tersebut.

“Tinggal nanti secara teknisnya kalau kita mau ke Singapura. Menkumham sebagai central of authority, nantinya kita akan kerja sama di situ,” tegas Karyoto.

KPK menduga, Paulus Tanos melakukan pertemuan dengan Andi Agustinus, Johanes Marliem, dan tersangka Isnu Edhi untuk membahas pemenangan konsorsium PNRI. Pertemuan tersebut diduga menyepakati fee sebesar 5 persen sekaligus skema pembagian beban fee yang akan diberikan kepada beberapa anggota DPR RI dan pejabat pada Kemendagri.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads