alexametrics

Mafia Minyak Goreng Bisa Didenda Rp 50 M

22 Maret 2022, 11:34:26 WIB

Mendagri Instruksikan Semua Sekda Pimpin Operasi Pasar

JawaPos.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta satgas pangan pemerintah daerah (pemda) memantau ketat suplai dan distribusi pangan. Sebab, menjelang Ramadan, sering terjadi lonjakan harga yang tidak wajar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan, satgas daerah harus terus bergerak.

Sebab, momen saat ini tengah berada dalam fase kritis karena Ramadan sudah dekat. “Awal April ini sudah masuk puasa, kecenderungan naik 10 persen menjelang Ramadan,” ujarnya kemarin (21/3).

Satgas diminta mengontrol suplai pangan yang menumpuk. Mereka juga didorong untuk berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polri. Dengan begitu, apabila ada pelanggaran, segera dilakukan penindakan.

Suhajar menegaskan, distribusi pangan di lapangan juga wajib dipantau. Satgas diharapkan melakukan pendekatan persuasif guna memastikan kebutuhan pangan, terutama sembako, dapat tersalurkan kepada masyarakat.

’’Hari ini operasi kita adalah bagaimana agar distribusi itu bergerak dengan cepat dan minyak goreng serta gula itu cepat sampai ke konsumen yang membutuhkan,’’ imbuhnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/far/wan/c17/oni

Saksikan video menarik berikut ini: