alexametrics

Soal Aliran Dana Hibah KONI, Cak Imin: No Comment, Tanya Imam Nahrawi

22 Maret 2019, 17:57:06 WIB

JawaPos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi belakangan ni disebut-sebut menerima cipratan uang hibah Kemenpora kepada KONI sebesar Rp 1,5 miliar. Hal itu diungkapkan dalam persidangan terdakwa Sekjen KONI, Ending Fuad Hamidy.

Terkait hal ini, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin enggan mengomentari dugaan terhadap kader partainya itu. Dia menyebut hal itu merupakan urusan pribadi Imam dan tidak berkaitan dengan partai.

No comment. Tanya Imam Nahrawi, itu urusan pribadi,” ujar Cak Imin di DPP PKB Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Lebih lanjut, Cak Imin memastikan bahwa adanya isu ini tidak akan memengaruhi perolehan suara partai dalam kontestasi pileg 2019. Dia memastikan partai tetap fokus untuk merasih target 3 besar.

“Nggak ngaruh (ke elektabilitas partai). Itu urusan hukum lah, urusan Pak Imam lagi,” tegas Wakil Ketua MPR RI itu. 

Sebelumnya, Sekretaris Bidang Perencanaan dan Anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Suradi menyebut jika Sekjen KONI meminta dirinya untuk membuat daftar yang berisi penerima ‘mahar’. Di antaranya sejumlah pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), termasuk Menpora Imam Nahrawi.

Berdasar catatan Suradi, jatah untuk Imam sebesar Rp 1,5 miliar. Paling besar dari yang lain.

“Itu inisial M Rp1,5 miliar dalam pemahaman saya menteri, karena didiktekan ke saya hanya inisialnya saja,” kata Suradi saat bersaksi untuk terdakwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ending Fuad Hamidy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (21/3).

Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantas mengkonfirmasi soal aliran uang pembuatan alternatif pembiayaan kegiatan pada KONI. Jumlahnya sekitar Rp 17,9 miliar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Soal Aliran Dana Hibah KONI, Cak Imin: No Comment, Tanya Imam Nahrawi