alexametrics

Eks Irjen Beberkan Penyimpangan yang Terjadi di Kemenag

22 Maret 2019, 16:28:41 WIB

JawaPos.com – Mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) Mochammad Yasin membeberkan sejumlah pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kemenag. Hal ini menyusul ditetapkannya dua pegawai Kemenag di provinsi Jawa Timur dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Yasin menyebut sejumlah pelanggaran disiplin yang terjadi di lingkungan Kemenag, seperti kerap terjadinya pegawai Kemenag yang tidak masuk selama enam bulan berturut-turut. Selain itu, penggunaan keuangan yang dilakukan tidak sesuai standar biaya masukan (SBM).

“Kemudian pengeluaran uang yang berkaitan dengan pembinaan pegawai,” kata Yasin ditemui JawaPos.com, Kamis (21/3).

Mantan Wakil Ketua KPK era Antasari Azhar ini pun menyebut sempat terjadi pengadaan hotel fiktif oleh pegawai Kemenag. Menurutnya, hal ini bisa masuk ke dalam pelanggaran disiplin dan juga pelanggaran pidana.

Oleh karena itu, Yasin berharap dengan tertangkapnya pegawai Kanwil Kemenag Jatim soal dugaan jual beli jabatan dapat mengusut pengimpangan lain yang terjadi di Kemenag. “Pasti terungkap hal-hal yang tidak baik di Kemenag dan nanti ada pengembangan penyidikan,” tegas Yasin.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Eks Irjen Beberkan Penyimpangan yang Terjadi di Kemenag