alexametrics

Ambil Sampel Suara Rommy, KPK Pegang Bukti Pertemuan dan Komunikasi

22 Maret 2019, 20:43:08 WIB

JawaPos.com – Mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy selesai menjalani proses pemeriksaan perdana, yang terbilang sebentar. Pasalnya, dia tiba sekitar pukul 09.50 WIB dan keluar sekitar pukul 11.32 WIB.

Usut punya usut, ternyata penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya mengambil sampel suara anggota DPR RI Komisi XI ini. Sampel suara tersebut diambil guna kepentingan perkara dugaan suap yang menjerat pria yang akrab disapa Rommy itu.

“Jadi, kami melakukan pengambilan contoh suara tersangka RMY (Romahurmuziy) untuk kepentingan penyidikan dan proses pembuktian,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah, di gedung merah putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/3).

Rommy diperiksa hari ini dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Rommy sempat batal menjalani pemeriksaan perdana yang tadinya diagendakan pada Kamis (21/3).

Sebelum Rommy, Febri mengatakan dua tersangka yaitu Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin juga sudah diambil sampel suaranya. Sehingga, kata dia, KPK memiliki bukti kuat adanya komunikasi dan pertemuan terkait kasus ini.

“Ini (sampel suara) jadi poin pembuktian di proses persidangan lebih lanjut. KPK sudah memiliki bukti yang kuat sebelumnya, tentang adanya komunikasi atau pertemuan yang membicarakan pengisian jabatan atau dugaan aliran dana atau hal-hal lain yang relevan,” jelas Febri.

Selain itu, mantan aktivis ICW ini menambahkan, saat ini tim KPK yang berada di Surabaya sudah kembali ke Jakarta. Seluruh dokumen yang disita akan dipelajari oleh timnya.

“Karena cukup banyak dokumen yang disita, seperti bagaimana yang menentukan proses seleksi, hukuman disiplin pernah dijatuhkan terhadap Haris Hasanuddin dan tahapan-tahapan yang lainnya. Setelah itu baru kemudian direncanakan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terkait,” tutur dia.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Intan Piliang

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ambil Sampel Suara Rommy, KPK Pegang Bukti Pertemuan dan Komunikasi