alexametrics

Terduga Teroris yang Ditangkap di Temanggung Sudah Terlatih

22 Februari 2019, 21:18:53 WIB

JawaPos.com– Triyono Wagimin Atmo alias Andalus alias Abu Hilwa ternyata punya peran penting dalam kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Yogyakarta. Untuk itu, gerak langkahnya dipantau Datasemen Khusus 88 Antiteror dan berhasil ditangkap di Jalan Lingkar Geneng, Kertosari- Temanggung, Jawa Tengah, pada Kamis (14/2). 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, Triyono terbilang sudah memiliki pengalaman. Dia mulai dibuntuti Densus 88 Anti-teror pasca dideportasi dari Filipina.

“TW ini boleh dikatakan sudah memiliki pengalaman dan dia sudah bisa tembus sampai ke Filipina Selatan,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/2).

Adapun rencana Triyono ke Filipina untuk bergabung dengan kelompok teroris Abu Sayyaf dengan tujuan untuk mengikuti pelatihan militer di Basilan-Filipina Selatan pada Juni 2016. “Andai kata saat ke Filipina Selatan bulan Juli 2016 itu tidak ketahuan, dia masuk ke kelompok Abu Sayyaf dan ikut pelatihan militer,” ungkap Dedi. 

Ya, Triyono ingin mengasah kemampuan bersama kelompok Abu Sayyaf dan ketika sudah memilikinya, dia dan kelompok JAD akan melakukan aksi ‘amaliyah’ di Indonesia. “(Dia) termasuk yang terlatih,” sebut Dedi.

Lebih lanjut ia mengatakan, Satgas Antiterorisme yang berada di seluruh Polda dan Densus 88 tentunya selalu melakukan profiling dan mengawasi sel-sel teroris yang tidur seperti Triyono. Karenanya, penangkapan Triyono kemarin tidak bisa dianggap remeh.

“Penangkapan kemarin itu buah dari investigasi dari Densus cukup lama,” ujar Dedi.

Diketahui, penangkapan Triyono berlangsung di Jalan Lingkar Geneng, Kertosari- Temanggung, Jawa Tengah, Kamis 14 Februari 2019, sekitar pukul 10.30 WIB, ketika polisi lalu lintas menggelar razia kendaraan.

Belum sempat diberhentikan, Triyono langsung meninggalkan mobilnya dan lari ke area persawahan hingga akhirnya ditangkap.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Terduga Teroris yang Ditangkap di Temanggung Sudah Terlatih