alexametrics

Dua WNI Diculik Abu Sayyaf, Polri Bantu Pembebasan

22 Februari 2019, 13:00:34 WIB

JawaPos.com – Warga Negara Indonesia (WNI) kembali diculik kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina. Hal itu diketahui melalui video yang viral di media sosial.

Di dalam video tersebut memperlihatkan dua pria yang diduga warga negara Indonesia tampak tidak berdaya ditodong dengan senjata tajam golok. Keduanya tidak mengenakan pakaian dan mata ditutupi dengan kain hitam.

Di sekeliling dua pria itu tampak sejumlah orang bertopeng yang membawa senjata di duga kelompok teroris pimpinan Abu Sayyaf di Filipina. Mengenai hal ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan siap untuk membantu pembebasan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, untuk langkah pembebasan itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang mempunyai kewajiban melindungi WNI di luar negeri.

“Polri pada prinsipnya akan membantu sepenuhnya. Leading sector kan Kemenlu. Kami sedang koordinasi dengan tim diplomasi,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jumat (22/2).

Tentunya dari Kemenlu akan mengundnag sejjmlah stakeholder terkait seperti Polri, TNI, dan BIN dalam rangka mengedepankan langkah-langkah diplomasi secara humanis dan persuasif untuk menyelematkan WNI tersebut.

“Dari Kemenlu KBRI bekerja sama dengan pemerintahan Filipina melakukan negosiasi ke kelompok tersebut,” kata Dedi.

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal menyatakan, dua orang itu ditangkap kelompok Abu Sayyaf saat sedang menangkap ikan di perairan Sandakan, Sabah, Malaysia pada 5 Desember 2018. Mereka berlayar bersama seorang warga negara asal Malaysia.

Mereka adalah warga asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bernama Hariadin dan Heri Ardiasyah. Hingga kini, Kementerian Luar Negeri belum berhasil membebaskan keduanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini


Close Ads
Dua WNI Diculik Abu Sayyaf, Polri Bantu Pembebasan