alexametrics

Yasonna Beberkan Awal Mula Rencana Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir

22 Januari 2019, 21:38:45 WIB

JawaPos.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, rencana pembebasan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir telah dibahas sejak setahun terakhir. Hal itu bermula dari permintaan pihak keluarga yang ingin agar Ba’asyir menjadi tahanan rumah.

“Keluarga sudah melakukan supaya Pak ABB (Abu Bakar Ba’asyir) ditahan rumah tapi kan Kemenkum HAM tidak memungkinkan itu,” kata Yasonna di kantornya, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (22/1).

Yasonna menuturkan, pihaknya sempat melakukan pembahasan mendalam soal pengajuan tahanan rumah yang diajukan keluarga Ba’asyir. Alhasil, terdapat kesepakatan, Ba’asyir akan dipindah ke Rutan Solo, Jawa Tengah.

Namun, kata Yasonna, pihak keluarga menolak Ba’asyir dipindah ke Rutan Solo dan tetap ditahan di Gunung Sindur, Jawa Barat. Sebab, pihak keluarga mempertimbangkan aspek kesehatan Ba’asyir.

“‎Keluarga memutuskan mengirim surat secara resmi ke kami, kalau memang tidak ditahan di rumah ya sudah di Sindur saja, dengan pertimbangan lebih dekat akses kesehatan kalau beliau sakit, rumah sakit yang ada di Jakarta,” tukasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Yasonna Beberkan Awal Mula Rencana Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir