JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ternyata Ini Pertimbangan Tito Ganti Arief Sulistyanto

22 Januari 2019, 12:55:49 WIB
Ternyata Ini Pertimbangan Tito Ganti Arief Sulistyanto
Komjen Arief Sulistyanto dimutasi dari posisinya sebagai Kabareskrim Polri (Desyinta Nuraini/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mutasi Komjen Arief Sulistyanto dari posisinya sebagai Kabareskrim Polri seketika menjadi sorotan. Ada yang mengaitkan pergantian itu lantaran Arief tidak sejalan dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Namun hal tersebut dibantah Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri Brigjen Eko Indra. Ia menerangkan, justru Kapolri memberi kepercayaan kepada Arief yang dinilai cukup berhasil mengelola SDM di Korps Bhayangkara. Adapun Arief diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

"Keberhasilan beliau dalam mengelola SDM selama inilah yang menjadi pertimbangan pimpinan (Kapolri Jenderal Tito Karnavian). Tugas ini merupakan kepercayaan pimpinan dan organisasi," ujar Eko melalui pesan singkat, Selasa (22/1).

Sementara itu, saat dihubungi JawaPos.com, Arief enggan berkomentar mengenai mutasinya itu. Ia hanya membenarkan bahwa ada surat telegram dari Kapolri terkait mutasi tersebut. "Betul. Mbak," katanya singkat.

Sekadar informasi, mutasi Arief tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/188/I/KEP./2019 tertanggal 22 Januari 2019. Arief Sulistyanto yang baru menjabat lima bulan sebagai pemimpin reserse di Korps Bhayangkara itu kini diangkat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri. Posisinya digantikan Irjen Idham Aziz yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Sementara pengganti Idham di Polda Metro Jaya adalah Irjen Gatot Eddy Pramono yang masih menjadi Asrena Kapolri. Posisi Eddy pun nantinya dijabat Irjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri.

Sebelumnya, nama Arief sempat ramai diperbincangkan usai Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu menyebut ada jenderal bintang tiga yang ingin menggeser posisi Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Menurut Masinton, oknum jenderal itu belum lama diangkat menjadi komjen yang getol melakukan pencitraan. Si oknum itu baru dilantik sebagai pejabat bintang tiga di Mabes Polri.

Adapun kala itu yang baru dilantik sebagai Komjen salah satunya adalah Arief. Saat itu pula, Arief dikenal sebagai polisi yang bersih usai keberhasilannya membenahi SDM Polri.

Editor           : Erna Martiyanti
Reporter      : Desyinta Nuraini

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up