alexametrics
Digantikan Kapolda Metro Jaya

Ini Alasan Mabes Polri Geser Komjen Arief dari Kabareskrim

22 Januari 2019, 11:43:43 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian lagi-lagi melakukan perombakan di institusinya. Jabatan Kepala Bareskrim Mabes Polri turut menjadi sasaran.

Komjen Arief Sulistyanto yang baru menjabat lima bulan sebagai pemimpin reserse di Korps Bhayangkara itu kini diangkat ke dalam jabatan baru sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri. Posisinya digantikan Irjen Idham Aziz yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Sementara pengganti Idham di metropolitan adalah Irjen Gatot Eddy Pramono yang masih menjadi Asrena Kapolri. Posisi Eddy pun nantinya dijabat Irjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Wairwasum Polri.

Ini Alasan Mabes Polri Geser Komjen Arief dari Kabareskrim
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis (Dok JawaPos.com)

Adapun pengangkatan ini tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/188/I/KEP./2019 tertanggal 22 Januari 2019. Kabar ini langsung dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Menurutnya, mutasi di tubuh Polri adalah hal yang biasa. “Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri sebagai tour off duty personel Polri,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/1).

Mutasi ini katanya juga dalam rangka penyegaran. “Sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam mengayomi, menjaga ketertiban masyarakat dan penegakkan hukum,” tegas Iqbal.

Sekadar informasi, nama Arief mulai dikenal ketika dia menjadi Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri. Dia dianggap mampu membenahi permasalahan perekrutan Polri yang carut marut dan dibumbui praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Hingga akhirnya dia dikenal sebagai polisi yang bersih. Kapolri pun seakan tertarik dengan sosoknya dengan mengangkat Arief sebagai Kabareskrim Polri.

Sejumlah pihak pun menaruh harapan usai dia diangkat. Misalnya saja Suciati, istri almarhum pejuang HAM, Munir Said Thalib. Dia percaya di bawah kepemimpinan Arief, Bareskrim Polri mampu menuntaskan kasus pembunuhan suaminya. (DNA)

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Ini Alasan Mabes Polri Geser Komjen Arief dari Kabareskrim