alexametrics

Musyafak: Jumat Besok Semua Jenazah Korban Lion Selesai Diidentifikasi

21 November 2018, 05:48:28 WIB

JawaPos.com – Proses identifikasi terhadap jenazah korban Lion Air JT-610 masih terus dilakukan tim Disaster Victim Investigation (DVI) Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Hari ini, satu jenazah yang berhasil diidentifikasi telah diserahkan kepada pihak keluarga Selasa (20/11).

Satu jenazah tersebut bernama Puspita Eka Putri 24, yang berhasil diidentifikasi tim DVI melalui DNA. Jenazah tersebut diketahui beralamat di Jalan Tamansari Pesona Bali F6/19 Kampung Ubud, RT 10/15 Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati Kombes Pol Musyafak mengatakan, saat ini jenazah korban Lion Air yang sudah berhasil diidentifikasi mencapai 104 jenazah. “Yang sudah teridentifikasi 104 jenazah,” kata Musyafak saat dihubungi JawaPos.com Selasa (20/11)

Musyafak juga menjelaskan bahwa dirinya tidak mengacu pada data dari manifes, melainkan data dari laporan keluarga sejumlah 189 data yang pada saat itu menumpangi pesawat nahas tersebut.

“Pos antortem itu ada 189, ini berdasarkan laporan dari pihak keluarga. Tapi tidak melihat atau mengacu pada manifes,” jelas Musyafak.

Sementara dari body part yang diterima pihak RS Polri sejumlah 666 dari total 195 kantung jenazah. Dari jumlah tersebut, tidak semua bagian yang dites melalui pencocokan DNA.

Musyafak menerangkan, pihaknya tinggal menunggu hasil dari beberapa sampel yang diperiksa  oleh tim DVI RS Polri. Dan diperkirakan pada Jumat (23/11) semua jenazah selesai diperiksa.

“Nanti masih ada beberapa sampel, tinggal tunggu hasil. Diperkirakan tanggal 23 (November 2018) besok itu selesai, semua body part (sudah) diperiksa semuanya,” terang Musyafak.

Selain perkiraannya proses identifikasi rampung pada tanggal 23 mendatang, Musyafak menegaskan bahwa dirinya beserta tim DVI akan terus berjibaku dalam membantu keluarga korban menemukan anggota keluarganya yang menjadi korbam pesawat nahas Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang Senin (29/10) lalu.

“Enggak ada batasan waktu, selama ada bodo part yang dikirimkan ke RS Polri, akan kami periksa. Cuma yang saya sampaikan tanggal 23 ini, body part yang sempat dibawa ke RS terperiksa semua,” pungkas Musyafak.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (dik/JPC)



Close Ads
Musyafak: Jumat Besok Semua Jenazah Korban Lion Selesai Diidentifikasi