alexametrics
Suap Proyek Meikarta

Ini yang Didalami KPK dari Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja

21 November 2018, 15:28:58 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi tengah melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan proyek Meikarta. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, pemeriksaan Wakil Bupati Bekasi guna mendalami soal proses perizinan proyek tersebut.

“Kalau posisinya dulu kan wakil bupati, sekarang Plt Bupati Bekasi. Tentu saja kami memandang yang bersangkutan mengetahui beberapa bagian dari rangkaian proses perizinan,” ucapnya di Gedung Penunjang KPK, Rabu (21/11).

Lebih lanjut, dia menyebut proses perizinan yang didalami pihaknya berupa sejumlah rekomendasi sebelum diterbitkannya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dalam proyek Meikarta.

“Yang dimaksud adalah rekomendasi-rekomendasi sebelum IMB terbit. Itu yang kami perlu dalami,” ujarnya.

Selain itu, mantan aktivis ICW ini menduga ada masalah mendasar terkait penerbitan IMB Meikarta. Untuk itu, dia kembali mengingatkan pihak Pemkab Bekasi atau Pemprov Jawa Barat bisa melakukan review atas perizinan proyek Meikarta.

“Kami duga ada masalah yang cukup mendasar sejak awal sampai proses rekomendasi sebelum IMB diterbitkan karena ini adalah rangkaian, maka ada dugaan persoalan juga dalam proses penerbitan IMB tersebut. Inilah yang perlu diselesaikan dengan dua cara secara pararel,” papar dia.

Kendati demikian, Febri mengakui pihaknya tentu akan fokus lebih dahulu pada penanganan kasus korupsinya. Kemudian, secara pararel akan dilakukan review atau tindakan administratif kepada pihak pemkab atau pemprov jika terjadi pelanggaran hukum.

“Secara pararel dimungkinkan dilakukan review atau tindakan administratif kalau ada pelanggaran tentu dilakukan penegakan hukum secara administratif oleh pihak pemkab atau pemprov agar persoalan yang lebih besar terkait proyek Meikarta tidak terjadi ke depan,” jelasnya.

Sekadar informasi, KPK menetapkan 9 orang tersangka termasuk Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi diduga merima suap Rp 7 miliar sebagai bagian dari commitment fee fase pertama senilai Rp 13 miliar.

Editor : Kuswandi

Reporter : (ipp/JPC)


Close Ads
Ini yang Didalami KPK dari Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja