alexametrics

Kejari Belum Eksekusi Hukuman untuk WN Singapura, Komjak Turun Tangan

21 Oktober 2021, 21:31:21 WIB

JawaPos.com – Komisi Kejaksaan (Komjak) tengah menyelidiki penyebab Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara belum mengeksekusi terdakwa kasus penganiyaan terhadap Andy Cahyady, Wenhai Guan. Wenhai diketahui sampai saat ini masih berada di negara asalnya yakni Singapura.

“Laporannya kan ada beberapa kali, jadi sejauh itu kami sudah menindaklanjutinya terkait apa yang dilaporkan oleh saudara Andi Cahyadi, mengenai belum dilakukannya eksekusi atas terdakwa yang sudah jadi terpidana Wenhai Guan,” kata Ketua Komjak Barita LH Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (21/10).

Barita menuturkan, Wenhai memang telah dijatuhi vonis pidana 6 bulan penjara. Namun, setelah putusan dibuat, Wenhai pulang ke Singapura dengan alasan sakit.

Komjak telah menerima salinan putusan terhadap Wenhai dari jaksa penuntut umum (JPU). Dalam salinan putusan itu disebutkan Wenhai Guan terpapar Covid-19 dan memerlukan pengobatan.

“Penjaminnya Marna Ina dan Feng Qiu Ju berjanji akan kooperatif dan memberikan jaminan akan menghadirkan. Tahapannya di situ sekarang, untuk segera dieksekusi,” imbuh Barita.

Atas dasar itu, Komjak akan menanyakan langsung ke Kejari Jakarta Utara perihal rencana eksekusi kepada Wenhai. Termasuk agar ada pengecekan terhadap kondisi kesehatan Wenhai terkini.

“Ini yang nanti kita akan dalami dan kita tanyakan lagi kalau sekiranya itu belum dilakukan (mengecek langsung ke Singapura),” jelas Barita.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan




Close Ads