alexametrics
Kalapas Sukamiskin Ditangkap KPK

Komisi 3 DPR Akan Panggil Dirjen Lapas Kemenkumham

21 Juli 2018, 16:34:45 WIB

JawaPos.com – Operasi senyap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menciduk Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Bandung atas dugaan penerimaan suap perizinan keluar lapas. Hal ini lantas memancing opini negatif publik, sebab narapidana yang seharusnya menjalani hukuman, tapi bisa keluar masuk lapas seenaknya dengan bermodal uang.

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu juga turut menyesalkan kejadian ini. Operasi Tangkap Tangan (OTT) itu menandakan lapas tidak terawasi dengan baik, sehingga berujung penyalahgunaan oleh oknum terkait

“Ini menampakan bahwa evaluasi dan pengawasan terhadap lapas khususnya Sukamiskin minim atau mungkin tidak terjadi (pengawasan),” ungkap Masinton di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7).

Masinton menuturkan, sudah selayaknya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan evaluasi kinerja pengawasan lapasnya. Sebab berbagai penyimpangan seperti ini telah berulang kali terjadi di Lapas Sukamiskin.

Seperti pada 2013 lalu, ketika Mantan Wakil Menkumham Denny Indrayana melakukan sidak dadakan di lapas tersebut, banyak ditemukan pelanggaran. Seperti napi koruptor yang kedapatan membawa alat komunikasi, DVD player, dan beberapa alat elektronik lain. Ditemukan pula kamar tahanan dengan fasilitas mewah layaknya sebuah hotel.

Untuk menindak lanjuti perkara ini lanjut Masinton, Komisi III DPR RI akan memanggil Dirjenpas untuk dimintai klarifikasi terkait banyaknya pelanggaran di lapas Sukamiskin.

“Nanti kita akan menanyakan khusususnya Dirjenpas terhadap pembinaan Lapas Sukamiskin,” sambungnya.

Lebih jauh Masinton menyarankan pemerintah membuat terobosan baru di Lapas Sukamiskin. Seperti dibuatkan klinik khusus di dalam Lapas. Sehingga para tahanan tidak bisa keluar masuk seenaknya dengan menyuap petugas.

“Di bikin aja klinik khusus, dokternya khusus sesuai jenis penyakit tahanan, sehingga tidak serta-merta orang dapat izin keluar untuk berobat, harus ada rekomendasi dan izin dari dokter yang bersangkutan di lapas,” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Komisi 3 DPR Akan Panggil Dirjen Lapas Kemenkumham