alexametrics
Wawancara Eksklusif JawaPos.com

Jozeph Paul Zhang Tak Mau Ungkap Status Kewarganegaraannya di Eropa

21 April 2021, 09:01:53 WIB

JawaPos.com – Polemik status kewarganegaraan tersangka kasus penistaan agama, Jozeph Paul Zhang masih menjadi polemik. Jozep sendiri mengklaim sudah bukan lagi Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan Mabes Polri menyebut Jozeph masih WNI.

Jozeph sendiri mengaku sudah melepas melepas kewarganegaraannya sebagai WNI. Sebab, dia sudah tidak berniat pulang di Indonesia, dan akan terus menetap di Eropa.

“Kan kalau saya sudah tidak niat pulang harus menangggalkan, saya sudah jelaskan di depan bahwa prosedurnya di Eropa ini prosedurnya ada beberapa cara supaya legal di sini, dan saya legal di sini,” kata Jozeph saat berbincang dengan JawaPos.com, Rabu (21/4).

Baca juga: Jozeph Paul Zhang: Sembunyi Dibilang kabur, Nongol Dibilang Arogan

Namun, saat disinggung mengenai dia sudah berpindah kewarganegaraan Jerman, Jozeph tak mau menjawab. Dia berdalih hal itu menjadi ranah kuasa hukumnya.

“Masalah legalitasnya belum bisa saya jawab karena nanti salah, saya kan ada lawyer jadi saya nggak boleh jawab terkait masalah kewarganegaraan,” jelas Jozeph.

“Kalau masalah itu, saya bisa legal segala macem saya ngggak bisa jawab, karena nanti orang-orang ikut masuk ke Eropa caranya begitu, berduyun-duyun cara-cara itu harus benar-benar tahu, kalau nggak tahu itu nggak bisa aja pokoknya, dan itu saya bisa dipermasalahkan kalau saya cerita bagaimana caranya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Jozeph membantah jika keberadaannya di Eropa tanpa kewarganegaraan atau stateless. Namun, dia meminta agar pembahasan kewarganegaraan ini tidak diteruskan.

Baca juga: Etnis Tionghoa, Cerita Jozeph Paul Zhang Alami Perundungan Sejak Kecil

“Mungkin itu distop dulu, karena itu saya nggak boleh ngomong ada lawyer, saya sudah dikasih tahu nggak boleh tahu tentang kewarganegaraan,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang Youtuber mencuri perhatian publik karena pernyataannya yang dipandang menista agama Islam. Youtuber bernama Jozeph Paul Zhang itu mengaku nabi ke-26 setelah Nabi Muhammad SAW.

Adapun video tersebut berdurasi sangat panjang, yakni tiga jam lebih. Selain mengaku nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang bahkan menghina Nabi Muhammad.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26. Kalau Anda bisa laporan atas penistaan agama, gua kasih loh satu laporan Rp 1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan. jadi kan Rp 5 juta, di wilayah polres berbeda,” sebagaimana pernyataan Jozeph Paul Zhang dalam akun Youtube.

Simak Video Berikut:

 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads