alexametrics

Imigrasi Koordinasi dengan Polri untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

21 April 2021, 16:17:47 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memastikan, terus berkoordinasi dengan Polri terkait pencabutan paspor Jozeph Paul Zhang. Tersangka penistaan agama itu, kini tengah berada di luar wilayah Indonesia.

“Terkait penarikan paspor Jozeph, kami masih koordinasi dengan pihak Polri,” kata Kabag Humas pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum HAM, Tubagus Erif Faturahman dikonfirmasi, Rabu (21/4).

Jozeph saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama oleh Bareskrim Polri. Penetapan tersangka itu, karena Jozeph diduga menghina agama Islam viral di media sosial.

Jozeph saat ini diduga sedang berada di Eropa, telah meninggalkan wilayah Indonesia sejak 2018. Polri sendiri telah menegaskan, Jozeph masih tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan tidak pernah mengganti kewarganegaraan.

“Prinsipnya terkait pencekalan, pencegahan atau penarikan paspor, Imigrasi tidak bisa melakukan sendiri. Harus ada usulan dari instansi terkait, dalam konteks Jozeph ini, pihak Polri sudah meminta kepada Imigrasi dan masih dalam pembahasan di tingkat pimpinan,” beber Erif.

Meski demikian, Jozeph mengklaim sudah melepas kewarganegaraan Indonesia. Dia menyampaikan,
merupakan suatu pengorbanan dari jalur yang dipilihnya menjadi seorang penginjil.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads