alexametrics

Tak Ajukan Banding, Eks Penyidik KPK Robin Pattuju Segera Dipenjara

21 Januari 2022, 16:30:53 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mengeksekusi mantan penyidiknya asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain. Eksekusi ini dilakukan setelah kedua terdakwa tidak mengajukan upaya hukum banding dari putusa pengadilan.

Robin dijatuhkan hukuman 11 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara Maskur Husain divonis 9 tahun penajara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

“Informasi yang kami peroleh, terdakwa Stepanus Robin P dkk telah menerima putusan Majelis Hakim,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (21/1).

Hal yang sama juga dilakukan KPK, tidak mengajukan upaya hukum banding atas vonis hakim terhadap Robin dan Maskur Husain. KPK menyebut, tuntutan hukum Jaksa KPK diakomodir dalam putusan hakim.

“Tim Jaksa setelah mempelajari pertimbangan Majelis Hakim berpendapat seluruh analisa yuridis fakta hukum dipersidangan telah dipertimbangkan. Untuk itu KPK juga  tidak mengajukan upaya hukum banding,” ucap Ali.

Oleh karena itu, saat ini perkara terdakwa Stepanus Robin Pattuju dan Maskur Husai telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Sehingga Jaksa Eksekutor KPK segera melaksanakan putusan tersebut. “Kami berharap PN Tipikor Jakarta Pusat dapat segera mengirimkan salinan petikan putusan perkara dimaksud,” tegas Ali.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads