alexametrics

Kasus Penipuan CPNS Anak Nia Daniaty, Polisi Temukan Unsur Pidana

20 Oktober 2021, 12:47:55 WIB

JawaPos.com – Polda Metro Jaya menemukan adanya unsur pidana dalam kasus dugaan penipuan berkedok CPNS dengan terlapor anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania. Hal ini diketahui berdasarkan hasil gelar perkara penyidik.

“Ada unsur-unsur pidana di situ yang kami temukan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (20/10).

Adanya unsur pidana ini membuat penyidik menaikkan status kasus ke tahap penyidikan. Namun, sejauh ini belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini.

“Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan tambahan untuk saudari O (Olivia). Kami lakukan gelar perkara, hasilnya adalah dari lidik naik ke penyidikan,” jelas Yusri.

Sebelumnya, Olivia Nathania dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penipuan berkedok menjajikan seseorang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Korbannya diperkirakan mencapqi 225 orang.

Laporan polisi ini tertuang dalam nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 23 September 2021. Laporan dibuat oleh pengacara Odie Hodianto yang mewakilkan korban.

“Ini ada 225 orang ditipu dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp 9,7 miliar lebih,” kata Odie Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9).

Odie menuturkan, Olivia diduga telah menipu dengan modus menjanjikan seseorang menjadi PNS. Namun, dia memasang tarif Rp 25-156 juta sebagai timbal baliknya.

Setelah korban membayar sesuai nominal yang diminta, korban tak kunjung menjadi PNS. Korban bahkan sempat menanyakan status PNS yang diharapkannya ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hasilnya pun nihil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: