alexametrics

Ketika Hiu Paus Terjebak di PLTU Paiton, Evakuasinya Sangat Hati-Hati

20 September 2019, 16:28:10 WIB

JawaPos.com – Usaha membebaskan seekor whale shark atau hiu paus yang terjebak di kanal air pendingin (water intake) PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, membuahkan hasil kemarin (19/9). Hiu sepanjang sekitar 4 meter itu bisa dievakuasi dalam keadaan hidup setelah masuk saluran berkedalaman 8 meter tersebut sejak Kamis (12/9).

Ketua Tim Gabungan Penyelamatan Dandim 0820 Probolinggo Letkol (infanteri) Imam Wibowo mengatakan, evakuasi dilakukan dengan menangkap badan hiu menggunakan jaring. Setelah itu, hiu ditarik dengan sea reader KSOP Mayangan dan alutsista Lanal Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II. Hiu lantas dilepaskan ke laut.

Imam menyebutkan, pihaknya melakukan proses itu dengan hati-hati supaya hiu tak terluka. Diperlukan waktu satu jam untuk tindakan tersebut. ”Saat dilepaskan, hiu dalam kondisi sehat. Tidak ada luka sedikit pun di badan ikan,’’ tutur Imam.

September dan Oktober memang waktu ketika lautan Indonesia dipenuhi hiu paus yang bermigrasi. Akan banyak hiu paus yang terlihat di perairan Sabang, Situbondo, Bali, Nusa Tenggara, Alor, Flores, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Hiu paus bisa terjebak ke saluran PLTU melalui area kanal yang tak tertutup jaring.

Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syamsul Bahri Lubis menegaskan, secara umum kondisi hiu itu sehat. Terbukti, hiu langsung menyelam saat dilepas ke laut. Peristiwa serupa terjadi pada 2015. Namun, setelah beberapa hari terperangkap di saluran, hiu mati karena infeksi dari luka di tubuhnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sid/hn/c11/ayi



Close Ads