Wakapolri Senang Banyak Begal Ditangkap Polisi

20/07/2018, 16:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Wakapolri Komjen Syafruddin. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin senang melihat banyaknya pelaku kejahatan jahanan yang berhasil diringkus dalam operasi cipta kondisi sejak 3 Juli kemarin. Pasalnya, perhelatan Asian Games tinggal menghitung minggu.

"Kita memerintahkan penanganan khusus dan hasilnya menggembirakan ya, sudah banyak begal ditangkap di Jabar  (Jawa Barat) di DKI (Jakarta)," ujarnya saat ditemui di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Jumat (20/7).

Syafruddin kembali menyebut bahwa penanganan penjahat jalanan sebenarnya tidak sulit seperti terorisme. Penuntasan kasus kejahatan jalanan, kata dia, tergantung dari kemauan masing-masing kepolisian wilayah.

"Gampang itu, tergantung kemauan ya, jadi yang tidak mau, kita ganti. Kalau yang mau pasti berhasil," tegasnya.

Soal tindakan tegas kepolisian yang dikritik sejumlah aliansi dalam mengatasi kejahatan jalanan, Syafruddin menjelaskan bahwa tidak ada unsur kesengajaan sama sekali. Langkah petugas sudah sesuai standar operasional prosedur.

Namun memang, tidak boleh ada kecerobohan bagi para petugas di lapangan dalam menindak pelaku kejahatan. Jika tidak ada ancaman, para pelaku seharusnya tidak ditembak.

"Sepanjang itu masih situasi normal, tidak boleh ceroboh apalagi penembakan, tidak boleh," pungkas Syafruddin.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi