alexametrics

MAKI Lapor Polisi, Duga Ada Penyimpangan Izin Impor Sapi akibat PMK

20 Mei 2022, 19:48:16 WIB

JawaPos.com – Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) melaporkan kasus dugaan penyimpangan izin impor sapi terkait penyakit mulut dan kuku (PMK). MAKI menduga ada praktik curang dalam impor tersebut sehingga menimbulkan kerugian negara.

“Sapi itu ada tiga (persoalan). Penyakit mulut kuku itu berkaitan dengan impor sapi utuh, sapi hidup. Diduga ada penyimpangan terkait dengan izin-izin impor,” kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (20/5).

Boyamin mengatakan, pihaknya juga melaporkan kasus dugaan pungutan liar pada inseminasi. Menurutnya, ada beberapa warga di Blora, Jawa Tengah yang seharusnya mendapatkan inseminasi hewan secara gratis malah berbayar.

MAKI juga menduga ada penyimpangan anggaran penggemukan sapi. “Itu yang saya laporkan kepada pengaduan masyarakat (Dumas)-nya tindak Pidana korupsi (Tipikor) Bareskrim. Tadi ketemu tim telaah, tim penyelidik,” jelasnya.

Boyamin mengatakan, dugaan penyimpangan impor sapi itu terjadi di beberapa wilayah Jawa, termasuk Jakarta. Sedangkan penyimpangan anggaran penggemukan sapi di Jawa Timur.

“Jadi tadi sudah dicatat-catat dan mudah-mudahan segera diproses. Karena ini kita kan prihatin isu setiap menjelang lebaran kan penyakit mulut dan kuku itu selalu ada. Berarti impor sapi-sapi hidup itu lah yang diduga bermasalah,” urainya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads