alexametrics

Satu Kelompok dengan Abu Hamzah, Terduga Teroris di Berau Diamankan

20 Maret 2019, 15:51:17 WIB

JawaPos.com – Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror terus melakukan pengejaran terhadap para terduga teroris. Kemarin, satu orangkembali  diamankan di Berau, Kalimantan Timur karena terkait jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

“Pada 19 Maret berhasil diamankan kembali atas nama M alias Abu Arkam, ditangkap di Kaltim, Berau,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/3).

Penangkapan Abu Arkam katanya, berdasarkan hasil pemeriksaan tujuh tersangka teroris yang ditangkap sebelumnya. Adapun tujuh tersangka teroris itu, yakni pertama P yang ditangkap di Lampung pada Sabtu (9/3). Setelah ditangkap, P mengaku bom yang ditemukan di TKP merupakan bom rakitan hasil ajaran dari AH.

AH menjadi tersangka kedua dan ditangkap di Sibolga, Sumatera Utara pada Selasa (12/3). Tersangka ketiga adalah AK alias Ameng yang juga ditangkap pada Selasa (12/3) di Sibolga.

Keempat adalah ZP alias Ogek. Kelima adalah R alias Syuhama yang ditangkap pada Rabu (13/3) di Tanjungbalai, Sumatera Utara. Tersangka keenam adalah M yang ditangkap di Tapanuli Tengah pada Rabu (13/3). Yang terakhir adalah Y. Seorang perempuan yang ditangkap pada Jumat (15/3) di Klaten, Jawa Tengah.

Dedi menjelaskan, Abu Arkam ada di dalam jejaring komunikasi tujuh terduga teroris sebelumnya dan merencanakan amaliah dengan sasaran utama aparat keamanan.

“Orang ini berkomunikasi dengan beberapa sel antara lain P alias S. Dalam komunikasi yang kami dapat, pemeriksaan Densus betul-betul memiliki keinginan sangat kuat melakukan tindakan amaliah terpicu juga dengan kejadian yang ada di Sibolga,” jelasnya.

Saat ini, Abu Arkam sudah dibawa ke Jakarta dan dalam pemeriksaan intensif Densus 88 Antiteror. Lebih lanjut Dedi mengatakan bahwa jaringan Lampung, Sibolga, Tanjungbalai, Kaltim, dan Kalteng berafiliasi dengan ISIS.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Satu Kelompok dengan Abu Hamzah, Terduga Teroris di Berau Diamankan