alexametrics
Jelang Sidang Vonis

KMB Soroti soal Tak Adanya Red Notice untuk Advokat Lucas

20 Maret 2019, 06:26:41 WIB

JawaPos.com – Sidang lanjutan Advokat Lucas har ini (20/3) kembali digelar. Agendanya adalah vonis alias putusan. Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin jika bukti-bukti yang disodorkannya bisa menjerat Lucas.

Di sisi lain, kubu Lucas optimistis bakal bebas. Pertimbangannya lantaran selama sidang, menurut klaim mereka, Jaksa tak mampu membuktikan perbuatan yang disangkakan pada Lucas. Yakni seputar upaya melarikan eks petinggi Lippo Grup, Eddy Sindoro.

Aktivis dari Koalisi Masyarakat Berkeadilan (KMB) Iwan Piliang menyoroti ihwal dugaan Lucas memfasilitasi kaburnya Eddy Sindoro ke luar negeri.

“Di Imigrasi Bandara namanya tak ada dalam red notice. Lantas mengapa Eddy Sindoro, kasus utama, kemudian hanya dituntut 5 tahun, sementara Lucas seakan tali-temali kaitannya kabur harus didakwa 12 tahun,” kata Iwan Piliang dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (19/3).

Adapun kata dia, ada 2 alat bukti di persidangan tak tersedia oleh penyidik KPK. Karenanya, jika menyimak persidangan indikasi keterlibatan Dina Soraya, Sekretaris M Riza Chalid (MRC), juga Jimmy  alias Lie, tidak digali tuntas penyidik. 

“Jimmy sendiri tidak dihadirkan ke persidangan,” ucap dia.

Lanjut dia, dari verifikasi yang dilakukan di lapangan, ketika Lucas di KPK, sebagai saksi, setelah selesai BAP, dirinya sudah diijinkan pulang. Ia pun telah memanggil supirnya hendak kembali pulang ke rumah. 

“Ternyata baru sampai di tangga KPK, penyidik  memanggilnya kembali. Ia lantas ditahan sebagai tersangka. Tiga hari diisolasi. Ia tak didampaingi pengacara, tertutup dengan dunia luar,” heran dia.

Sebelumnya kata dia Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Prof Mudzakir, menilai tuntutan Jaksa KPK ke terdakwa Lucas selama 12 tahun penjara, tanpa pertimbangan pembuktian yang jelas.

“Tuntutan itu mestinya berdasarkan pertimbangan pembuktian yang ada di sidang, bukan maunya jaksa. Jadi harus objektif.  Kalau tidak terbukti yah sudah bebas,” ujar Mudzakir, kepada media, 12 Maret 2019.

Editor : Imam Solehudin

Copy Editor :

KMB Soroti soal Tak Adanya Red Notice untuk Advokat Lucas