Hakim PN Surabaya Itong Isnaeni Terjaring OTT KPK, KY Siap Awasi

20 Januari 2022, 11:31:43 WIB

JawaPos.com – Komisi Yudisial (KY) menyoroti terjadinya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap seorang Hakim di Pengadilan Negeri Surabaya yang diketahui bernama Itong Isnaeni Hidayat. KY sampai saat ini masih menunggu informasi resmi dari KPK.

“Komisi Yudisial masih menunggu perkembangan pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK,” kata juru bicara KY, Miko Ginting dalam keterangannya, Kamis (20/1).

Oleh karena itu, KY meminta semua pihak memberikan kepercayaan kepada proses penegakan hukum yang sedang berlangsung ini. KY memastikan juga akan memantau jalannya proses hukum tersebut dan siap untuk memproses pelanggaran kode etik dan perilaku hakim dari giat tangkap tangan ini.

“Komisi Yudisial senantiasa memantau dan bersedia membantu proses pro justitia ini apabila dibutuhkan,” tegas Miko.

Dalam kesempatan berbeda, Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Nganro membenarkan salah satu hakim di Pengadilan Negeri Surabaya terjaring OTT KPK. Seorang hakim bernama Itong Isnaeni Hidayat telah diamankan tim satuan tugas (satgas) KPK.

“Informasi dari Ketua PN. Surabaya, bahwa pagi tadi sekitar pukul 05.00 – 05.30 WIB, KPK datang ke kantor PN Surabaya dan di dalam mobilnya dilihat ada sdr Itong Isnaeni Hidayat, SH.MH Hakim PN Surabaya,” ujar Andi.

Tak hanya hakim, MA juga membenarkan seorang panitera pengganti bernama Hamdan turut diamankan lembaga antirasuah. Hal ini berdasarkan informasi yang disampaikan Ketua PN Surabaya.

“Begitu pula informasi yang diterima nama Panitera Pengganti bernama Hamdan, SH juga turut diamankan,” ucap Andi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads