alexametrics

Buntut OTT Hakim, Salah Satu Ruangan di PN Surabaya Disegel KPK

20 Januari 2022, 10:18:55 WIB

JawaPos.com – Salah satu ruangan di Pengadilan Negeri Surabaya dikabarkan telah disegel oleh tim satuan tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini menyusul ditangkapnya Hakim Itong Isnaeni Hidayat dan panitera pengganti, Hamdan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

“Menurut Ketua PN Surabaya penangkapan ini baru diketahui pagi tadi, ketika KPK datang ke PN Surabaya dan langsung menyegel ruangan hakim dan setelah itu pergi,” kata juru bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro kepada JawaPos.com, Kamis (20/1).

Andi menjelaskan, Hakim Itong Isnaeni Hidayat diamankan tim satgas KPK pada Kamis (20/1) pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Dia diamankan bersama seorang panitera pengganti, bernama Hamdan.

MA sebagai lembaga tertinggi kekuasaan kehakiman, enggan berspekulasi terkait penangakan terhadap Hakim Itong dan Panitera Hamdan. Karena itu, MA masih menunggu keterangan resmi terkait penangkapan ini dari KPK.

“Terhadap masalah ini untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi, kita tunggu saja penjelasan resmi dari KPK,” tegas Andi.

Terpisah, pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan adanya operasi tangkap tangan (OTT) yang meringkus hakim, panitera dan pengacara di Pengadilan Negeri Surabaya. KPK menduga, terdapat dugaan suap dalam pengurusan perkara di PN Surabaya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: