JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tangkap Pejabat Kemenpora, Segini Barbuk yang Didapat KPK

19 Desember 2018, 00:19:58 WIB
Barbuk OTT
Ilustrasi: Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan menggelar operasi tangkap tangan (OTT), Selasa (19/12) malam. Dalam operasi tersebut, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana dan delapan pihak lain turun diamankan karena kedapatan melakukan transaksi suap-menyuap.

Terkait adanya hal ini, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo telah membenarkannya. Hal ini karena menurut Agus, pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti duit dugaan suap yang dilakukan pejabat Kemenpora tersebut bersama pihak lain.

“KPK melakukan cross check dan menemukan bukti-bukti awal berupa uang sekitar Rp 300 juta dan sebuah ATM yang juga berisi uang seratusan juta rupiah,” papar Agus. 

Uang tersebut, kata Agus, diduga merupakan transaksi (kickback) terkait dengan pencairan dana hibah dari Kemenpora ke KONI. 

Saat ini, sejumlah sembilan 9 orang diamankan telah dibawa ke markas lembaga antirasuah guna menjalani pemeriksaan intensif, sebelum ditentukan status hukumnya.

Penyidik KPK
Ilustrasi: Penyidik KPK saat sedang melakukan penggeledahan (Ridwan/JawaPos.com)

“Untuk sementara baru hal ini yang bisa kami sampaikan, besok hasil OTT ini akan diinformasikan lebih lengkap pada konferensi pers yang akan dilakukan oleh KPK. Sesuai KUHAP, KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan,” pungkas Agus.

 

Editor           : Kuswandi
Reporter      : (ce1/ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up