alexametrics

Meski Telah Tersangka, Taufik Kurniawan Masih Menjabat Wakil Ketua DPR

19 November 2018, 11:23:27 WIB

JawaPos.com – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan hingga kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. Padahal, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Taufik sebagai tersangka kasus suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Pemerintah Kabupaten Kebumen.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto memastikan, status Taufik masih sebagai Wakil Ketua DPR RI yang diusung oleh PAN. Pasalnya, kasus anak buah Zulkifli Hasan itu belum berkekuatan hukum tetap (inkracht).

“Pak Taufik ini posisinya masih menjadi wakil ketua DPR RI. Tadi saya sampaikan karena Pak Taufik belum mengundurkan diri dari pimpinan DPR,” kata Agus di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (19/11).

Agus menjelaskan pergantian pimpinan DPR RI harus memenuhi beberapa syarat penting. Di antaranya berhalangan karena sakit ataupun meninggal dunia.

Selain itu, terkena kasus hukum dengan keputusan sudah inkracht, ataupun pelanggaran kode etik yang diputuskan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

“Kalau memang itu sudah ada persyaratan, baru bisa diproses. Kalau belum ada persyaratan itu belum bisa diprosesnya,” ungkap dia.

Pimpinan Partai Demokrat itu menyebut, hingga kini pergantian Taufik memenuhi syarat-syarat yang disebutkan. “DPR harus memproses tetapi kalau persyaratan itu belum ada, belum bisa diproses,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Meski Telah Tersangka, Taufik Kurniawan Masih Menjabat Wakil Ketua DPR