JawaPos Radar

Komnas HAM Minta Pemerintah Lindungi LGBT dari Persekusi

19/10/2018, 20:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Komnas HAM Minta Pemerintah Lindungi LGBT dari Persekusi
ILUSTRASI bendera kelompok LGBT. (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik menilai kelompok lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) masuk ke dalam kelompok yang paling rentan. Pasalnya, seringkali kelompok tersebut dihubungkan pada peritiwa negatif.

"Selain penegakan hukum dari aparat yang masih ragu-ragu, di sisi lain persepsi masyarakat sudah dibangun sedemikian rupa untuk menghukum mereka," kata Taufan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (19/10).

Menurut Taufan, harus ada kepastian hukum secara nasional untuk kelompok LGBT. Dia pun menekankan, agar tidak terjadi persekusi dan diskriminasi terhadap kelompok ini.

Taufan meminta agar tidak ada diskriminasi terhadap LGBT dalam RKUHP yang hingga kini masih dibahas di DPR. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi kriminalisasi terhadap kelompok LGBT.

"Konteks HAM ada yang tidak bisa diterima secara absolut dan bisa dibatasi, tergantung nilai pandangan serta nilai sosial bangsa itu," ungkapnya.

Taufan berharap pemerintah bisa membuat aturan LGBT secara tegas. Hal ini untuk mencegah segala sesuatu yang mungkin dapat berdampak pada kelompok LGBT.

"Jangan seperti waria di gelandang dengan cara tak beradap. Jadi, aparat keamanan jangan ragu-ragu untuk menindak tegas," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up