JawaPos Radar

Adik Zulhas Diduga Samarkan Aset Pakai Nama Anak, Jumlahnya Fantastis

19/10/2018, 22:24 WIB | Editor: Imam Solehudin
Zainudin Hasan
Bupati Lampung Selatan nonaktif, Zainudin Hasan. KPK menduga Zainudin menyamarkan sejumlah asetnya dengan menggunakan anaknya (Dok.JawaPos)
Share this

JawaPos.com - KPK menetapkan Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). KPK menduga adik dari Zulkifli Hasan itu menyamarkan aset dengan menggunakan nama anaknya.

"Ada beberapa lokasi tanah yang kami duga diatasnamakan anak dari yang bersangkutan," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (19/10).

Kendati demikian, dia belum bisa mengungkapkan nama anak Zainudin yang dimaksud. KPK juga masih mendalami soal aset lainnya.

"Nama keluarga belum bisa kami detailkan hari ini. Kami masih terus menelusuri lebih lanjut kepemilikan aset-aset yang lain," jelas Febry.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyita sejumlah aset yang diduga terkait tindak pidana pencucian uang tersebut. Aset yang disita antara lain tanah, bangunan, kendaraan, hingga speedboat.

Rinciannya yakni 1 unit ruko di Bandar Lampung, 2 bidang tanah di Desa Campang Tiga, 5 bidang tanah di Desa Munjuk Sampurna, 1 bidang tanah di Desa Ketapang, 1 unit motor Harley Davidson, 1 unit mobil Toyota Velfire, dan 1 unit speedboat.

"KPK telah melakukan penyitaan pada tanggal 15-18 Oktober 2018 terhadap 1 unit ruko dan 9 bidang tanah dengan nilai saat harga transaksi total sekitar Rp 7,1 miliar. Selain itu, disita juga 3 unit kendaraan darat dan air," pungkasnya.

(ce1/ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up