alexametrics

Garuda Beri Penerbangan Gratis First Class Untuk Rius Vernandes

19 Juli 2019, 11:36:42 WIB

JawaPos.com – Kisruh menu tulis tangan pesawat Garuda Indonesia dipastikan berakhir damai. Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) dipastikan akan mencabut laporan polisi kepada vlogger Rius Vernandes hari ini, Jumat (18/7). Seiring dengan itu PT Garuda Indonesia bahkan memberikan hadiah spesial kepada Rius.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara mengatakan, Rius beserta kekasihnya akan diundang untuk mengunjungi fasilitas Garuda. Sehingga dia bisa mereview maskapai Garuda hingga mendalam.

“Untuk Rius dan pasangannya, saya atas nama pribadi selaku CEO Garuda mengundang Rius untuk mengunjungi semua fasilitas kami,” ujar Ari di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Fasilitas yang akan dikunjungi Rius sendiri meliputi kunjungan ke kantor PT GMF AeroAsia (Garuda Grup) di Tangerang , Banten. Sang vlogger juga akan diperlihatkan fasilitas katering hingga training center Garuda.

“Rius juga bisa melihat cabin crew kita (Garuda), jangan hanya cabin crew pacarnya saja. Di cabin crew kita juga cukup menarik dengan kebayanya,” imbuh Ari. Diketahui, kekasih Rius merupakan seorang pramugari maskapai Singapore Airlines (SQ).

“Kita juga akan minta Rius mereview semua penerbangan. Saya tidak menspesialkan cuma untuk ke business class saja, tapi juga akan ada ekonomi atau first class. Jadi kalaupun free (flight) kita akan berikan untuk mereview,” tambah Ari.

Untuk review kali ini, Ari meminta agar Rius fokus pada kekurangan yang dimiliki Garuda. Pasalnya itu penting guna melakukan perbaikan pelayanan kepada konsumen. Sedangkan untuk keunggulan, biar penumpang yang menilainya sendiri.

“Dan saya rasa kami tetap terbuka menerima kritikan. Kami masih banyak kekurangan dan kami mohon semua masukan dari semua pihak yang membangun dan kita bisa komunikasi,” tegasnya.

Ari menuturkan, undangan mereview maskapai Garuda tidak hanya diberikan kepada Rius. Melainkan vlogger-vlogger lainnya juga akan turut diajak. Hanya saja untuk waktunya belum dipastikan.

Pesawat Garuda saat berada di hanggar. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Sementara itu, Rius menyambut baik ajakan Garuda Indonesia ini. Rencananya dia akan membuat dua vlog berisikan review maskapai BUMN tersebut. “Fasilitas Garuda saya akan pisahkan dengan flight preview,” ucapnya. Sedangkan untuk preview penerbangan dengan layanan first class, Rius akan mengambil rute menuju Bandara Haneda, Jepang.

Sebelumnya, Rius Vernandes dalam akun instagramnya mempostinh menu tulisan tangan yang dalam keterangannya disebutkan itu milik maskapai Garuda untuk penerbangan kelas bisnis rute Sydney-Denpasar. Unggahan ini kemudian viral di media sosial.

“Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak,” tulis akun @rius.vernandes.

Kabar ini kemudian dibantah pihak Garuda. Mereka menyatakan kertas yang diunggah Rius bukan untuk disebar ke penumpang. Melainkan catatan awak kabin yang tidak untuk konsumsi publik.

“Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih,” tulis akun garuda dalam akun twiterrnya @IndonesiaGaruda, Sabtu, (13/07).

Pasca tersebarnya menu makanan dalam bentuk kertas, Sekarga memutuskan mengambil langkah hukum terhadap dua Youtubers Rius Vernandes dan Elwiyana Monica. Adanya laporan polisi ini telah dibenarkan oleh Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Komisiaris Besar Polisi Victor Togi Tambunan.

Mereka dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik setelah mengunggah foto kartu menu kelas bisnis pesawat Garuda yang hanya ditulis tangan di Instastory akun Instagram @rius.vernandes pada Sabtu (13/7).

Setelah masalah ini ramai diperbincangan, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk berdamai. Sekarga dipastikan mencabut laporan polisinya kepada Rius.

“Pagi ini kita telah mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan,” ujar Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty dalam konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Perdamaian ini sendiri tak lepas dari usaha yang dilakukan oleh pengacara kondang Hotman Paris. Dia mulanya dipanggil Garuda Indonesia untuk membantu menyelesaikan ini, namun Hotman menolak apabila ditunjuk sebagai kuasa hukum, dan memilih menjadi mediator.

Tomy menyampaikan perdamaian ini juga atas rekomendasi yang diberikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Dalam poinnya ditekannya untuk menjaga semangat kebersamaan Garuda Indonesia sebagai aset bangsa.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads