JawaPos Radar

Nekat Begal Polisi, Jun Tewas Usai Baku Tembak

19/04/2018, 00:39 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Begal
ILUSTRASI Nekat merampas motor polisi, Jun tewas setelah terlibat baku tembak dengan aparat kepolisian. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Aksi yang dilakukan oleh Jun, 37, warga Desa Karang Anyar Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan (Sumsel) ini tergolong nekat. Pasalnya, pria yang saban harinya berprofesi sebagai petani ini bisa-bisanya melakukan aksi curas (begal) terhadap polisi yang tengah melakukan patroli.

Akibat perbuatannya tersebut, Jun tewas usai baku tembak dengan anggota polisi Polres Musi Rawas. Informasi yang berhasil didapatkan, kejadian ini terjadi pada Rabu (18/4) dini hari. Ketika itu anggota polisi gabungan Polsek Muara Rupit dengan Polsek Rawas Ulu tengah melakukan patroli menggunakan roda dua.

Setibanya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Karang Waru Kecamatan Rupit, anggota polisi yang tengah melakukan patroli berdua didekati motor yang dikendarai Jun bersama rekannya.

Kemudian, Jun mengacungkan sebilah senjata tajam (sajam) jenis parang kepada kedua anggota polisi yang patroli tersebut. Karena merasa terancam, anggota pun melepaskan tembakan peringatan. Namun, tembakan tersebut tidak digubris. Bahkan kedua pelaku mengeluarkan senjata laras pendek, hingga terjadi baku tembak antara anggota polisi dan kedua pelaku.

Pelaku Jun berhasil dilumpuhkan setelah beberapa tembakan bersarang di tubuhnya, sedangkan rekannya sempat melarikan diri meski dalam kondisi terluka.

Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro membenarkan penangkapan tersebut. Tersangka Jun sendiri sempat melakukan perlawanan bahkan sempat baku tembak dengan petugas hingga akhirnya mengalami luka tembak di beberapa bagian tubuhnya. “Jun meninggal dunia saat akan dievakuasi ke RS Siti Aisyah," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (18/4).

Jun sendiri telah banyak melakukan tindak kejahatan curas. Bahkan tercatat sudah ada empat laporan yang telah dilakukan pelaku. Barang bukti yang berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor pelaku, satu pucuk senjata api rakitan (senpira) laras pendek, dan sebilah sajam jenis parang.

"Saat ini kami masih menyelidiki dan mengejar rekannya," tutupnya.

(ce1/lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up