alexametrics

Senator Australia Salahkan Islam, MUI: Cara Pandang Itu Sangat Sesat

19 Maret 2019, 17:48:14 WIB

JawaPos.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam Senator Australia Fraser Anning. Kecaman itu buntut pernyataannya yang menyalahkan umat Islam ketika adanya serangan teroris di dua masjid, Christchurch, Selandia Baru.

Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas menegaskan bahwa terorisme dan ekstremisme tidak bisa dikaitkan dengan ajaran agama apa pun. “Tindakan terorisme dan ekstremisme tersebut bisa dilakukan segala agama di dunia. MUI mengimbau para pemeluk agama agar tidak mengaitkan terorisme dengan suatu agama,” ujarnya saat menggelar pertemuan dengan Dubes Australia untuk Indonesia di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Diketahui Brenton Harrison Tarrant melancarkan aksi brutal di Masjid Al Noor dan Linwood, Christchurch, Selandia Baru, pada Sabtu (16/3). Saat beraksi itu Tarrant membawa lima senjata api. Dua di antaranya senjata semiotomatis. Tarrant memiliki lisensi kepemilikan senjata api.

Senator Australia Salahkan Islam, MUI: Cara Pandang Itu Sangat Sesat
Senator Australia Fraser Anning dilempar dengan telur oleh seorang remaja yang kesal padanya. Anning sebelumnya menyalahkan umat Muslim atas insiden berdarah di dua masjid di Selandia Baru (YouTube)

Aksi Tarrant itu juga ditanggapi oleh Senator Australia Fraser Anning. Namun komentarnya sangat rasis. Dia mengklaim bahwa imigran muslim menjadi penyebab pembantaian tersebut. Bukan kebijakan kepemilikan senjata api.

“MUI menyesalkan cara pandang senator Australia Fraser Anning yang memandang Islam dan umat Islam sangat rendah dan buruk sekali. Cara pandang seperti itu jelas sangat sesat serta tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata Anwar Abbas.

Lebih jauh Anwar Abbas mengatakan, terorisme Christchurch tidak dapat dibenarkan dan bertentangan dengan nilai-nilai agama.

Untuk itu dia menyebut, setiap individu atau kelompok pelaku terorisme sangat tidak mencerminkan pandangan bangsa dan agama yang dianut. Mengaitkan terorisme dengan agama tertentu, baik Islam atau agama lainnya, justru akan memicu konflik.

“Untuk itu MUI meminta para pemeluk agama agar tidak mengaitkan terorisme dengan salah satu agama karena itu memperkeruh suasana dan tidak elok bagi kehidupan bersama baik skala lokal maupun global,” tutur Anwar.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Yesika Dinta



Close Ads
Senator Australia Salahkan Islam, MUI: Cara Pandang Itu Sangat Sesat