alexametrics

Polri Telusuri Video ‘Jokowi Yes Yes Yes’

19 Maret 2019, 17:28:30 WIB

JawaPos.com – Video polisi mengajak masyarakat meneriakkan nama Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah viral di media sosial (medsos). Pasalnya, hal tersebut dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu calon presiden.

Dalam video tersebut, tampak seorang yang diduga polisi mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas bantuan sosial yang diterima oleh masyarakat. Perkataannya diikuti oleh warga yang hadir dalam forum tersebut. Di akhir kalimat polisi dan masyarakat meneriakkan kata ‘Jokowi Yes Yes Yes’.

Adapun video itu diunggah oleh akun Twitter dari Garis Kenyal atau @JackVardan pada 18 Maret 2019. Hingga saat ini, video tersebut mendapat respon 2.500 Retweet dan 3.300 likes dari warganet. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) lantas mendalami kebenaran isi dari video tersebut.

“Akan melakukan pengecekan terhadap video tersebut. Termasuk akun yang menyebarkan video maupun foto akan didalami,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Selasa (19/3).

Dedi menuturkan, Polri netral dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Tugas utama Polri dalam pesta demokrasi ini adalah menciptakan kondisi yang aman dan damai.

Untuk itu, pihaknya akan mencari tahu lokasi, kapan, dan dalam konteks apa kejadian tersebut berlangsung. “Jadi belum tentu narasi yang dibuat oleh akun yang memviralkan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Belum tentu,” tegas jenderal bintang satu itu.

Lebih lanjut ia berkata, tidak semua yang disebar di medsos dapat dipercaya kebenarannya seratus persen. Sebab belakangan banyak pihak tidak bertanggung jawab yang terkadang memenggal atau mengedit video atau gambar untuk membuat narasi yang menyudutkan seseorang atau instansi.

“Jadi semuanya kalau di medsos harus betul-betul didalami secara komperhensif. Karena sangat banyak yang rekayasa,” pungkas Dedi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Polri Telusuri Video 'Jokowi Yes Yes Yes'