alexametrics

Berkas Kasus Polisi Tembak DPO Diserahkan ke Kejaksaan

19 Februari 2021, 17:09:51 WIB

JawaPos.com–Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Barat menyerahkan berkas dugaan penembakan yang dilakukan seorang personel Polres Solok Selatan kepada kejaksaan. Brigadir Polisi KS diduga menembak mati DPO berinisial D di Kabupaten Solok Selatan.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat Komisaris Besar Polisi Satake Bayu seperti dilansir dari Antara di Padang mengatakan, berkas kasus dugaan penembakan tersebut sudah diserahkan kepada kejaksaan atau tahap 1. Petugas menunggu jawaban dari kejaksaan terhadap kasus itu.

”Apa sudah lengkap atau masih perlu perbaikan. Jika berkas dinyatakan lengkap (P-21) akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti kepada pihak kejaksaan atau yang disebut tahap 2,” ujar Satake Bayu pada Jumat (19/2).

Sebaliknya apabila kejaksaan menilai berkas yang dikirimkan belum lengkap akan dikembalikan untuk diperbaiki penyidik atau P-19. ”Dalam kasus ini, ada satu tersangka yakni Brigadir KS yang diduga melakukan penembakan dan kita proses secara pidana,” kata Satake Bayu.

Dia mengatakan Kepala Polda Sumatera Barat Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto, serius terhadap persoalan tersebut dan diproses secara pidana. ”Nanti kita lihat putusan pengadilan terhadap kasus ini dan jika sudah ada keputusan inkraacht, yang bersangkutan juga akan diproses secara etik,” tutur Satake Bayu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads