JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ditangkap KPK, Segini Jumlah Harta Kekayaan Bupati Pakpak Bharat

18 November 2018, 14:00:33 WIB | Editor: Kuswandi
Barbuk OTT
Ilustrasi: Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dan meringkus kepala daerah. Kali ini menyasar Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu dan juga lima orang lainnya dari unsur PNS dan swasta.

Merujuk pada laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses pada laman acch.kpk.go.id, kader Partai Demokrat itu terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 9 Juni 2018.

Dalam LHKPN tertulis, Remigo memiliki harta kekayaan senilai Rp 43,7 miliar. Kekayaannya itu menurun dari laporan sebelumnya pada 23 Maret 2016 lalu yang mencatat ia memiliki harta kekayaan senilai Rp 54,4 miliar.

Penyidik KPK
Ilustrasi: Penyidik KPK saat sedang melakukan penggeledahan beberapa waktu lalu (Ridwan/JawaPos.com)

Kekayaannya itu didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan yang mencapai Rp 41,6 miliar. Bahkan Remigo memiliki 18 aset berupa tanah dan bangunan. Aset tersebut tersebar di beberapa daerah yakni Jakarta Selatan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, Kota Medan, dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Selain itu, dia juga memiliki harta harta bergerak lainnya senilai Rp 505 juta, lalu surat berharga Rp 1,19 miliar, serta setara kas Rp 398 juta.

Dalam kegiatan operasi senyap di Medan dan Jakarta tersebut, sedikitnya enam orang dari unsur kepala daerah, dinas pekerjaan umum Kabupaten Pakpak Bharat, PNS, dan swasta berhasil diamankan.

KPK menduga, ada transaksi pada Dinas Pekerjaan Umum di Kabupaten Pakpak Bharat yang melibatkan unsur kepala daerah dan pihak swasta. KPK memiliki waktu 24 jam untuk menentukan status para pihak yang berhasil diamankan tersebut.

(ce1/rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up