alexametrics

Ahli Forensik Keuangan Duga Laporan Keuangan Jiwasraya Tak Transparan

18 Januari 2020, 16:49:48 WIB

JawaPos.com – Pemerintah bersama pihak terkait saat ini tengah mencari upaya restrukturisasi untuk menyehatkan kembali PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebagaimana diketahui, asuransi pelat merah tersebut tengah dilanda kemelut, lantaran tak bisa membayar klaim pemegang polis JS Saving Plan hingga triliunan rupiah.

Praktisi Forensik Keuangan, Stevanus Alexander Sianturi menduga, kemelut Jiwasraya terjadi akibat tidak transparannya manajemen lama dalam menyampaikan laporan keuangan ke publik. Akhirnya, permasalahan membesar dan Jiwasraya pun tak mampu membayar klaim nasabahnya.

“Kalau bicara mengenai korporasi, apa yang dihasilkan koporasi? Ada laporan kekuangan. Apa yang tercermin di laporan kekuangan itu yang dilihat publik,” ujar Stavanus dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (18/1).

Stevanus mengatakan apabila laporan keuangan transparan dan diaudit oleh auditor, maka kasus ini tidak akan terjadi. Setiap uang keluar harus dicatat dalam sebuah laporan keuangan.

‎”Seharusnya sebagai korporasi perlu mencatat apa yang mereka kerjakan. Artinya menjadi penting bagi publik,” tegasnya.

Oleh sebab itu dia menduga ada laporan keuangan di Jiwasraya yang tidak disampaikan ke publik. Dia pun menyarankan pihak yang mempermainkan laporan keuangan Jiwasraya diselidiki.

“Jadi, ini ada dugaan kecurangan di laporan keuangan‎,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads