alexametrics

Polisi Serahkan Berkas Buzzer Hoax Surat Suara Tercoblos ke Kejaksaan

18 Januari 2019, 16:03:48 WIB

JawaPos.com – Kepolisian sudah merampungkan berkas perkara terhadap dua tersangka kasus hoax adanya tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos. Mereka juga sudah mengirimkan berkas tersebut ke Kejaksaan Agung RI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dua tersangka yang perkaranya sudah ada di meja kejaksaan yakni, pembuat sekaligus buzzer hoax, Bagus Bawana Putra (BBP) dan penyebar berinisial HY.

“Jadi untuk kemarin kasus hoax sudah dikirim dua berkas. Satu berkas BBP kemarin sore di Kejagung. Satu berkas yang forwarder yang ada di Bogor, HY,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/1).

Berkas itu nantinya akan diteliti terlebih dahulu oleh Kejaksaan apakah sudah layak untuk dinaikkan ke meja persidangan. Atau, dikembalikan lagi ke Kepolisian untuk dibenahi.

“Kami masih menunggu proses lebih lanjut,” sebut Dedi.

Sementara itu, mengenai dugaan adanya aktor intelektual dan penyokong dana untuk membuat dan menyebarkan hoax tersebut, kata Dedi hingga kini belum ditemukan. “Belum (ada),” singkatnya.

Diketahui, dalam kasus ini, total sudah ada 6 orang yang diamankan pihak Kepolisian. Selain Bagus Bawana Putra selaku pembuat dan buzzer, serta HY selaku penyebar, ada pula MIK seorang guru dan dua orang karyawan swasta, LS, dan J yang juga dijadikan tersangka. 

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini


Close Ads
Polisi Serahkan Berkas Buzzer Hoax Surat Suara Tercoblos ke Kejaksaan