alexametrics

Brimob Antisipasi Massa Sambut Kebebasan Ahok

18 Januari 2019, 16:38:03 WIB

JawaPos.com – Polisi dipastikan tidak akan memberi pengawalan khusus untuk mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat bebas nanti. Namun, antisipasi kedatangan massa tetap dilakukan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo berkata, jika ada massa yang datang, pengamanan pasti dilakukan oleh anggota Brimob sebagai pemegang wilayah. “Dari Brimob sudah menyiapkan langkah, antisipasi-antisipasi sudah disiapkan. Cukup dengan ditambah Polsek itu,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/1).

Kendati demikian, sejatinya Ahok sudah menyampaikan kepada pendukungnya untuk tidak perlu menyambut di hari kebebesannya itu. “Ahok sendiri sudah menyampaikan ke Ahoker nggak usah dijemput, saya mau pulang sendiri, mau happy-happy sendiri. Ya sudah,” sebut Dedi.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menyebut Ahok akan bebas pada Kamis, 24 Januari 2019 mendatang. Ahok mendapat remisi tiga bulan 15 hari. Sementara masa penahanannya dimulai 9 Mei 2017 lalu.

“Total remisi yang didapat tiga bulan 15 hari, maka diperkirkan akan bebas pada Januari 2019,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jendera Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Ade Kusmanto kepada JawaPos.com, Senin (10/12).

Ade menuturkan, pertimbangan remisi diberikan karena Ahok berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan. Serta mantan istri Veronica Tan itu tidak sedang menjalani hukuman disiplin.

“Pengurangan masa pidana yang akan diusulkan kepada Ahok bisa diberikan jika sampai waktu yang telah ditetapkan konsisten dan mentaati segala peraturan selama masa pidananya,” tukas Ade.

Adapun saat ini Ahok menjalani masa hukumannya di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Brimob Antisipasi Massa Sambut Kebebasan Ahok