alexametrics

Nazaruddin Nongol Lagi di Tipikor, Korupsi Apa Ya ?

17 November 2015, 02:09:00 WIB

JawaPos.com – Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin terlihat menyambagi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (16/11) malam.

Rupanya, Nazaruddin akan kembali duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tipikor ini sebagai terdakwa tindak pidana pencucian uang (TPPU). 

Nazar tiba di KPK sekitar puku 19.14 malam. Sayangnya, terpidana korupsi Wisma Atlet SEA Games itu bungkam diberondong pertanyaan oleh awak media.

Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati menyatakan bahwa telah merampungkan berkas perkara TPPU Nazaruddin (P-21). Menurut dia, dalam waktu maksimal 14 hari perkara Nazar segera disidangkan.

‎"MNZ datang dalam rangka tahap II kasus Tindak Pidana Korupsi (TPK) dan TPPU. Pemindahan dari rutan Sukamiskin ke rutan KPK," kata Yuyuk saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Seperti diketahui, Nazaruddin diduga melakukan pencucian uang dengan membeli saham PT Garuda Indonesia.  Uang itu hasil korupsi pemenangan PT Duta Graha Indah (DGI) sebagai pelaksana proyek wisma atlet SEA Games 2011.

Kasus terungkap saat mantan wakil direktur keuangan Permai Grup, Yulianis bersaksi dan mengungkapkan Permai Grup membeli saham PT Garuda Indonesia senilai Rp 300,85 miliar pada 2010.

Pembelian saham perdana PT Garuda Indonesia itu dilakukan oleh lima perusahaan yang merupakan anak perusahaan Permai Grup.

Rincian saham itu terdiri Rp 300 miliar untuk 400 juta lembar saham dan fee Rp 850 juta untuk Mandiri Sekuritas. Pembayaran dilakukan dalam empat tahap, yakni tunai, melalui real time gross settlement (RTGS) dan transfer sebanyak dua kali.

Atas perbuatannya, Nazar dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang yaitu pasal 3 atau pasal 4 juncto Pasal 6 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian uang.

Ancaman pidana terhadap yang melanggar pasal tersebut adalah penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar. (put/jpg)‎

Editor : idham



Close Ads
Nazaruddin Nongol Lagi di Tipikor, Korupsi Apa Ya ?