JawaPos Radar

Kasus Suap Politikus Golkar, KPK Panggil Ibu Kandung Aditya Moha

17/10/2017, 13:52 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Kasus Suap Politikus Golkar, KPK Panggil Ibu Kandung Aditya Moha
Marlina Moha Siahaan (Manado Post/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meneruskan pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus dugaan suap terkait penanganan perkara di Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara. Hari ini (17/10), penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Bolaang Mongondow, Marlina Moha Siahaan sebagai saksi dalam kasus yang menjerat sang anak, Anggota Komisi XI Fraksi Golkar Aditya Anugrah Moha.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AAM (Aditya Anugrah Moha)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Diketahui, Marlina atau akrab disapa Butet merupakan terdakwa dalam kasus korupsi Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa sebesar Rp1,25 miliar.

Aditya Moha merupakan anak kandung Marlina Moha. Dalam kasus ini, Aditya ditetapkan sebagai tersangka lantaran tertangkap tangan usai memberikan suap kepada Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudi Wardono.

Suap tersebut diduga untuk memengaruhi putusan perkara yang menjerat ibunya. Marlina sudah divonis lima tahun penjara di Pengadilan Negeri Manado. Atas vonis itu, Marlina mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Sulut.

Dalam perkara banding ini, Sudiwardono bertindak sebagai Ketua Majelis Hakim dalam perkara tersebut, sehingga tidak dilakukan penahanan terhadap Marlina. Diduga, suap yang diberikan Aditya kepada hakim sebesar SGD 64.000.

(put/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up