JawaPos Radar

Ahok Tak Mendapat Remisi HUT-RI, Ini Penjelasan Kemenkum HAM

17/08/2017, 12:39 WIB | Editor: Kuswandi
Ahok Tak Mendapat Remisi HUT-RI, Ini Penjelasan Kemenkum HAM
Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama saat menjalani sidang perkara kasus penodaan agama beberapa waktu lalu. (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi terhadap 92.816 narapidana. Lantas apakah terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama juga mendapatkan remisi?

Menkumham Yasonna ‎H Laoly mengatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak mendapatkan remisi. Hal itu lantaran Ahok belum memenuhi syarat untuk mendapatkan pengurangan massa tahanan.

"Ahok itu belum memenuhi syarat," ujar Yasonna saat ditemui di Kantor Kemenkumham, Rasuna Said, Jakarta, Kamis (17/8).

Sementara dikonfirmasi terpisah Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham,‎ Ma'mun mengatakan, tidak mememenuhi persyaratan tersebut karena Ahok belum menjalani kurungan penjara selama 6 bulan.

Karena syarat utama untuk mendapatkan remisi, yakni terpidana harus menjalani kurungan penjara selama 6 bulan. "Memang Ahok belum menjalani prasyarat 6 bulan penjara," jelasnya.

Namun demikian kata Ma'mun, tidak menutup kemungkinan ke depan Ahok akan mendapatkan remisi oleh Kemenkumham apabila syarat-syaratnya terpenuhi. Seperti perilakunya baik dan tidak melanggar aturan.

"Sementara selama ini Ahok kooperatif (prilakunya baik), enggak ada masalah," katanya‎.

Sekadar informasi, Ahok divonis 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ia dianggap bersalah dalam kasus penodaan agama dengan mengutip surah Al Maidah ayat 51 dalam kujungannya ke Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu. 

Sementara saat mendapatkan vonis itu, Ahok menyatakan keberatan dan menyatakan akan banding. Namun pada 22 Mei 2017 silam Ahok resmi mencabut gugatannya terhadap putusan vonis tersebut. Saat ini mantan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu telah menjalani masa tahanannya di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

 

 

 

(cr2/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up