alexametrics

Tim Pencari Fakta Sebut Iwan Bule Tidak Terlibat Kasus Novel

17 Juli 2019, 23:33:25 WIB

JawaPos.com – Nama Komjen Mochamad Iriawan belakangan muncul dan dikaitkan dengan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Namun, berdasarkan penyelidikan Tim Pencari Fakta (TPF) bentukan Kapolri Jendral Tito Karnavian membantah kabar yang santer dengar itu.

Salah satu anggota tim pencari fakta, Hendardi mengatakan TPF memang benar mendatangi pria yang akrab disapa Iwan Bule. Namun, pihaknya hanya sekedar berbincang – bincang terkait kasus Novel dengan Mantan Kapolda Metro Jaya itu.

“Menyangkut Pak Iriawan, ada penggiringan opini tentang keterlibatan elite, kami tidak akan membenarkan yang tidak benar, tidak bisa dipaksa (membenarkan) si A pelaku , si Jenderal B otak daripada penyerangan,” ujar Hendardi di Mabes Polri, Rabu (17/7).

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal (tengah) bersama Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Novel Baswedan, Nur Kholis (kedua kiri) dan Anggota TGPF Hendardi (kedua kanan) memberikan keterangan pers saat rilis hasil investigasi TGPF Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/7/2019). Dalam keterangannya TGPF kasus Novel Baswedan merekomendasikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mendalami sejumlah perkara tindak pidana korupsi yang pernah ditangani penyidik KPK tersebut serta membentuk tim teknis lapangan untuk melanjutkan hasil kerja TGPF. FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

Hendardi pun mengklarikasi bahwa timnya tidak pernah menyebut Iwan Bule dalam kasus Novel. Menurutnya, pihaknya hanya mengklarifikasi hubungan yang terjalin antara Iwan dan Novel.

“Yang berkaitan berhubungan di Polda Metro Jaya karena yang bersangkutan (Novel) diperkenalkan seseorang kepada Pak Iriawan, wajar saja, pertemuan biasa saja. Bicara perkenalan saja, dan sejak itu merasa kenal, ketika Pak Iriawan merasa ada masalah berkunjung ke rumahnya sesuatu yang wajar,” tuturnya.

Hendardi, mempertanyakan pernyataan Novel tersebut. Pasalnya selama enam bulan investigasi yang dilakukan, tak sekalipun tim pakar menyebut keterlibatan oknum Polri. Hendardi justru meminta Novel memberikan petunjuk terkait oknum Polri yang diduga terlibat.

“Dia (Novel) tunjukkan sajalah jadi jangan begini suka mengatakan ada jenderal terlibat tapi kita suruh tunjukan petunjuknya apa, atau buktinya apa, enggak disampaikan. Seperti juga ini, keterlibatan oknum Polri, kapan kita ngomong, yang ngomong itu siapa dan kapan,” tuturnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal menambahkan hubungan Novel dan Iriawan adalah senior dan junior di kepolisian. Pertemuan yang dilakukan keduanya pun merupakan hal yang wajar terjadi.

“Ada pertanyaan, informasi tidak tahu dari mana Pak Komjen Iriawan waktu itu ngobrol dengan Pak Novel Baswedan itu biasa di dalam hubungan senior junior, Pak Novel juga mantan polisi, junior kami,” kata Iqbal.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads