alexametrics

Menkumham Yasonna Sebut Setnov Telah Rencanakan Aksi Pelesirannya

17 Juni 2019, 20:47:18 WIB

JawaPos.com- Upaya pelesiran yang dilakukan terpidana korupsi Setya Novanto ternyata tak dilakukan secara tiba-tiba. Menurut Menkumham Yasonna Laoly, mantan Ketua DPR tersebut sudah jauh-jauh hari sudah merencanakan upaya kaburnya tersebut. Hal itu dilakukan Setnov dengan cara mengelabui petugas lapas yang mengawalnya, saat hendak menyelesaikan administrasi pembayaran rawat inapnya di di RS Sentosa, Bandung.

“Protap (prosedur tetap) sudah ada. Dia (Setnov) merasa ‘udahlah kalau bayar bil aja gak papa’, rupanya kita tahu belakangan sudah ada mobil menunggu, memang sudah direncanakan tampaknya juga,” kata Yasona, kepada wartawan, Senin (17/6).

Yasonna menjelaskan, pada dasarnya Setnov memang tengah sakit. Namun, di sela-sela pengobatannya di rumah sakit, suami Deisti Astriani Tagor tersebut malah memanfaatkan momentum sakitnya untuk kabur dari kawalan petugas lapas yang mengawalnya.

“Memang benar sakit (setnov), hanya setelah itu dia ya mengelabui petugas kita, suruh bayar bil di bawah dan ketika ditanya ‘bapak ke mana, ke bawah’, ‘ya udah kamu tunggu aja nanti saya balik’, ternyata tidak balik,” kata Yasonna.

Atas ulah Setnov tersebut, petugas lapas tersebut katanya langsung menelpon ke lapasnya (Lapas Sukamiskin). “Ini ada masalah, yang bersangkutan (Setnov) tidak kembali, koordinasi Kalapas, lapor ke Kakanwil, Kakanwil mencoba melacak, kemudian sudah ada media gambar beliau, diambil tindakan oleh Kakanwi,” tukasnya.

Sebelumnya, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat memindahkan Setnov dari LP Sukamiskin Bandung ke Rutan Gunung Sindur Bogor, Jabar, Sabtu (15/6) dini hari. Pemindahan ini dilakukan lantaran mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut tepergok pelesiran di sebuah toko bangunan yang berada di Padalarang, Bandung Barat.

Editor : Kuswandi



Close Ads