alexametrics

Dewas KPK Minta Keterangan Aziz Syamsuddin Terkait Kasus Tanjungbalai

17 Mei 2021, 23:13:40 WIB

JawaPos.com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) meminta keterangan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin pada Senin (17/5). Permintaan keterangan ini terkait dugaan pelanggaran kode etik penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju (SRP) yang kini menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial.

“Iya benar tadi pagi,” kata Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris dikonfirmasi, Senin (17/5).

Aziz Syamsuddin dimintai keterangan karena diduga memfasilitasi pertemuan antara Stepanus dan Syahrial di rumahnya pada Oktober 2020. Meski demikian, Haris tidak menjelaskan rinci soal perihal apa saja yang ditanyakan Dewas KPK.

Haris menyebut, tidak hadir saat Dewas KPK meminta keterangan kepada Aziz Syamsuddin. Dugaan etik Stepanus, karena diduga telah menerima uang Rp 1,3 miliar dari Syahrial, sebab setiap insan KPK diharamkan menerima hadiah atau janji dari pihak-pihak berperkara.

“Saya tidak tahu karena tidak ikut memeriksa,” pungkas Haris.

Dalam perkara dugaan suap penanganan perkara di Pemkot Tanjungbalai, KPK menetapkan tiga orang sebagai tersangka yakni penyidik asal kepolisian, Stepanus Robbin Pattuju (SRP), Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial (MS) dan pengacara Maskur Husain (MH). KPK menduga, penyidik asal Korps Bhayangkara Stepanus menerima suap untuk mengurus perkara yang menjerat Syahrial.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads